Peran kepemimpinan K. H. Agus Yudhi Mubaarak dalam pengelolaan pesantren: Penelitian di Pondok Pesantren Sabiilunnaja Bandung Barat

Amalia, Ulfah (2019) Peran kepemimpinan K. H. Agus Yudhi Mubaarak dalam pengelolaan pesantren: Penelitian di Pondok Pesantren Sabiilunnaja Bandung Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Pondok pesantren merupakan warisan para ulama tempo dulu yang keberadaannya sampai saat ini masih ada. Keberadaannya itu tidak akan terlepas dari peran pendiri pondok pesantren tersebut. Sebab berkembang tidak nya suatu ogranisasi atau lembaga faktor utamanya adalah siapa yang menjadi top leader nya atau pimpinannya. Sama halnya dengan pondok Pesantren Sabiilunnaja, berkembangnya karena ada peran kepemimpinan K. H. Agus Yudhi Mubaarak dalam mengelola pondok Pesantren. Hal ini menjadi sasaran peneliti mencari tahu strategi apa yang telah dirumuskan oleh pimpinan, program apa yang telah dirancang oleh pimpinan serta bagaimana implementasi dari program tersebut. Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang telah dirumuskan K. H. Agus Yudhi Mubaarak dalam pengelolaan pesantren, untuk mengetahui program K. H. Agus Yudhi Mubaarak dalam pengelolaan pesantren, dan untuk mengetahui implementasi program K. H. Agus Yudhi Mubaarak dalam pengelolaa pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun jenis data yang digunakan yakni data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik pengambilan data yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Penelitian ini berpijak pada teori peranan seorang pemimpin yang dikemukakan oleh Kartono bahwa peran seorang pemimpin adalah sebagai pelaksana, perencana, sebagai seorang ahli, sebagai pengawas, bertindak sebagai pemberi gambaran atau pujian atau hukuman, pemegang janggung jawab dan bertindak sebagai seorang ayah. Kemudian ditegaskan dalam teori kepemimpian, yaitu sebagai perilaku yang dikemukakan oleh Sweenwy dan McFarlin (2002) bahwa kepemimpinan melibatkan seperangkat proses pengaruh antar orang. Proses tersebut bertujuan memotivasi bawahan, menciptakan visi misi masa depan, dan mengembangkan strategi untuk mencapai tujuan. Hasil penelitian yang ditemukan menunjukan bahwa kemajuan pondok Pesantren Sabiilunnjaa tidak terlepas dari strategi yang telah dirumuskan K. H. Agus Yudhi Mubaarak yaitu dengan pengenalan sifat Rububiyah, juga mengenakan pembiasaan mensinergikan antara hubungan horizontal dan vertikal serta meningkatkan intelektulisme dan spiritualisme. Kemudian strategi tersebut dipolakan kepada program-program kegiatan santri. Diantaranya ada program jangka pendek, jangka menengah dan program jangka panjang. Implementasi dari program tersebut berjalan dengan lancar yang tentunya melibatkan seluruh santri dan dewan guru. Dengan demikian, hasil dari penelitian maka seluruh kegiatan santri menjadi dasar berkembangnya pondok pesantren Sabiilunnaja yang dikelola oleh K. H. Agus Yudhi Mubaarak dalam pengelolaan pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: strategi; pengelolaan; pesantren
Subjects: Islam
Islam > Islamic Leaders
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: ulfah amalia ulfah
Date Deposited: 03 Jul 2019 01:58
Last Modified: 03 Jul 2019 01:58
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21369

Actions (login required)

View Item View Item