Penggunaan Teknik Meniru Model Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kata Serapan Dan Transliterasi Tulisan Arab-Indonesia

Ramdhan, Dadan F (2013) Penggunaan Teknik Meniru Model Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kata Serapan Dan Transliterasi Tulisan Arab-Indonesia. LP2M, Bandung.

[img]
Preview
Text
0 COVER LAPORAN PENELITIAN.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1 KATA PENGANTAR.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 ABSTRAKSI.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODOLOGI.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV TEMUAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dari permasalahan “bagaimana keefektifan penggunaan teknik meniru model terdahap peningkatan kemampuan menulis kata serapan dan transliterasi tulisan ArabIndonesia” Teknik meniru model merupakan salah satu teknik yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk meniru suatu model. Teknik ini merupakan suatu rangkaian kegiatan dalam proses belajar mengajar saat siswa dituntut untuk meniru model yang dibuat oleh guru sehingga anak bisa mencontoh/meniru model tersebut sampai benarbenar mirip dengan model tersebut. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui apa yang dipersiapkan dalam pembelajaran melalui teknik meniru model dan untuk mengetahui keefektifan teknik tersebut terhadap kemampuan anak dalam menulis kata serapan dan transliterasi tulisan ArabIndonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dimana ada dua kelas yang diujicobakan. Satu kelas disebut kelas eksperimen yang menggunakan teknik meniru model, satu kelas control yang menggunakan metode konvensional. Kelas control berfungsi untuk mengontrol efektif tidaknya kelas eksperimen. Lokasi penelitian ini dilakukan di MI Al-Inayah Sarijadi Kota Bandung dengan mengambil sampel kelas 6 Pengelolaan data dan pengujian hipotesisnya menggunakan SPSS. Simpulan umum yang diperoleh dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan teknik meniru model memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan menulis kata serapan dan transliterasi tulisan Arab-Indonesia. Rata-rata kemampuan anak menulis kata serapan Arab Indonesia dari hasil pretes adalah 8,35, setelah pembelajaran dengan menggunakan teknik meniru model, nilai postes rata-rata menulis tersebut menjadi 13.00. Sedangkan untuk kemampuan menulis kata serapan ArabIndonesia, rata-rata nilai pretes adalah 22,00 dan setelah pembelajaran dengan menggunakan teknik meniru model, nilai ratarata menulis tersebut menjadi 39,33.

Item Type: Other
Subjects: Bahasa Arab
Knowledge > Descriptive and Experimental Methods
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: DR. Dadan F Ramdhan
Date Deposited: 03 Jul 2019 09:17
Last Modified: 03 Jul 2019 09:17
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21412

Actions (login required)

View Item View Item