Penerapan pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa: Penelitian tindakan kelas di kelas IV MI Al-Mishbah Kota Bandung

Dewi, Santi Pardila (2019) Penerapan pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa: Penelitian tindakan kelas di kelas IV MI Al-Mishbah Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa masih banyak siswa yang mendapat nilai harian matematika yang masih rendah, karena ditemukan guru matematika saat pembelajaran matematika hanya menggunakan metode konvensional sehingga siswa mudah bosan dan jenuh dalam pembelajaran matematika. Kebanyakan siswa dalam pembelajaran matematika nilainya kurang dari standar kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 65. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran, kemampuan komunikasi matematis siswa setiap siklus dan setelah seluruh siklus, serta sikap siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan pendekatan matematika realistik di kelas IV MI Al-Mishbah Kota Bandung. Pendekatan matematika realistik merupakan salah satu pendekatan pembelajaran matematika yang menghubungkan pengalaman siswa ke dalam pembelajaran dengan berorientasi pada hal-hal yang dapat dibayangkan oleh siswa. Tahapan dalam pembelajarannya meliputi tahap menyajikan masalah kontekstual, menjelaskan masalah kontekstual, menyelesaikan masalah kontekstual, membandingkan dan mendiskusikan jawaban, serta menyimpulkan pembelajaran. Diterapkannya pendekatan matematika realistik diharapkan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), PTK merupakan salah satu upaya yang dilakukan guru untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Dilakukannya metode PTK ini untuk memperbaiki kualitas belajar pembelajaran matematika terutama pada kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari dua tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 17 siswa yang terdiri dari 11 orang siswa perempuan dan 6 orang siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al-Mishbah Kota Bandung. Berdasarkan analisis hasil penelitian, pembelajaran matematika menggunakan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan aktivitasi guru yang mulanya pada siklus I sebesar 80,95% pada tindakan II menjadi 85,71% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan mulai dari siklus I sebesar 71,24% dan tindakan II 78,43% dengan kriteria baik. Selain itu, kemampuan komunikasi matematis siswa juga mengalami peningkatan mulai dari siklus I memperoleh nilai 70,23, dan pada siklus II memperoleh 77,05 dengan kriteria baik. Sikap percaya diri siswa mengalami peningkatan dari skor 1,76 menjadi 2,815 dengan kriteria baik. Sikap disiplin siswa meningkat dari skor 2,085 menjadi 3,08 dengan kriteria baik. Dan Sikap kerja sama siswa juga meningkat dari skor 2,145 menjadi 3,025 dengan kriteria baik pula.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematis; Matematika; Matematika Realistik;
Subjects: Education > Dictionaries and Encyclopedia of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Accounting > Education, Research of Accounting
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Santi Pardila Dewi
Date Deposited: 04 Jul 2019 06:12
Last Modified: 04 Jul 2019 06:12
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21413

Actions (login required)

View Item View Item