Tanggapan siswa terhadap penggunaan Media permainan ular tangga pada model Team Games Tournament hubungannya dengan aktivitas belajar siswa: Penelitian terhadap siswa kelas VIII MTs. Darul Amira Ciamis pada mata pelajaran Fiqh Bab Puasa

Marlina, Lina (2019) Tanggapan siswa terhadap penggunaan Media permainan ular tangga pada model Team Games Tournament hubungannya dengan aktivitas belajar siswa: Penelitian terhadap siswa kelas VIII MTs. Darul Amira Ciamis pada mata pelajaran Fiqh Bab Puasa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1-cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy

Abstract

MTs. Darul Amira telah menggunakan media permainan ular tangga pada model Team Games Tournament dalam proses pembelajaran. Diasumsikan bahwa aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh akan meningkat, namun realitanya, aktivitas belajar siswa masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya siswa yang pasif berpendapat, ketidak ikut sertaan siswa dalam mengikuti rangkaian kegiatan pembelajaran dan beberapa siswa tidak ikut berkontribusi dalam memecahkan masalah kelompok. Fenomena tersebut menarik untuk diteliti, yakni bagaimana tanggapan siswa terhadap penggunaan media permainan ular tangga pada model TGT? Bagaimana aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh? bagaimana hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan media permainan ular tangga pada model TGT dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan media permainan ular tangga pada model team games tournamen. 2) Realitas aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh. 3) Realitas hubungan tanggapan siswa terhadap penggunaan media permainan ular tangga pada model team games tournament dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh. Penelitian ini bertolak pada asumsi bahwa tinggi rendahnya aktivitas belajar dipengaruhi oleh tanggapan siswa oleh sebab itu peneliti mengkaji teori tentang tanggapan dan aktivitas belajar. Dari asumsi tersebut, dapat ditarik hipotesis bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan media permainan ular tangga pada model TGT dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu observasi, angket, wawancara, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Analis data kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh : 1) Realitas variabel X (tanggapan) menunjukan kualifikasi sangat tinggi, dengan nilai 4,59. 2) Realitas variabel Y (aktivitas belajar) menunjukan kualifikasi sangat tinggi, dengan nilai 4,51. 3) Realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan media permainan ular tangga pada model TGT dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh koefisien korelasinya sebesar 0,11 dengan interpretasi sangat rendah, berdasar uji hipotesis diperoleh Thitung (0,53) < Ttabel (1,71)dengan taraf Signifikan 5% artinya hipotesis ditolak. Adapun derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 1% artinya masih ada 99% faktor lain yang dapat mempengaruhi aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan Siswa; Media Permainan Ular Tangga; Aktivitas Belajar;
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lina Marlina el-qaid
Date Deposited: 04 Jul 2019 03:32
Last Modified: 04 Jul 2019 03:32
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21420

Actions (login required)

View Item View Item