Penerapan metode permainan treasure hunt untuk meningkatkan keterampilan kerjasama siswa pada mata pelajaran akidah akhlak: Penelitian Tindakan Kelas di kelas V MI Al Muttaqin Cicalengka

Jannah, Shifa Miftahul (2019) Penerapan metode permainan treasure hunt untuk meningkatkan keterampilan kerjasama siswa pada mata pelajaran akidah akhlak: Penelitian Tindakan Kelas di kelas V MI Al Muttaqin Cicalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah yang terjadi di MI Al Muttaqin Cicalengka, yaitu rendahnya keterampilan kerjasama siswa. Di lapangan, guru sering menggunakan pola pembelajaran secara kelompok dan setiap bulannya anggota kelompok diganti secara bebas sesuai pilihan guru, namun sebagian besar siswa selalu ingin memilih dan memilah teman kelompoknya menurut keinginan sendiri. Saat melakukan kerjasama dalam kelompok, penyelesaian tugas hanya didominasi oleh siswa tertentu saja. Hasil data ini dibuktikan dengan observasi aktivitas siswa dan angket yang diisi oleh salah satu teman kelompok siswa. Tujuan dilakukannya penelitian untuk mendeskripsikan keterampilan kerjasama siswa dalam pembelajaran akidah akhlak ketika sebelum, proses, dan setelah menggunakan metode permainan treasure hunt di kelas V MI Al Muttaqin Cicalengka. Dengan tujuan, penelitian ini diharapkan hasil keterampilan kerjasama siswa meningkat dengan sangat baik. Kajian teoritis yang mendasari metode kooperatif tipe permainan treasure hunt efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan kerjasama siswa karena metode ini menuntut keterlibatan siswa dalam setiap kelompok untuk menyelesaikan tugasnya secara bersama-sama. Dengan demikian, hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode permainan treasure hunt diduga mampu meningkatkan keterampilan kerjasama siswa kelas V MI Al Muttaqin Cicalengka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jenis datanya menggunakan kualitatif dan kuantitatif dan sumber data yang digunakan yaitu guru dan siswa kelas V MI Al Muttaqin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket. Keterampilan kerjasama siswa kelas V MI Al Muttaqin Cicalengka sebelum diterapkannya metode permainan treasure hunt masih rendah. Persentase rata-rata dilihat dari hasil observasi hanya mencapai 21,97% dengan kriteria kurang, sedangkan dilihat dari hasil angket mencapai 42,22% dengan kriteria cukup. Hasil persentase rata-rata pada proses keterampilan kerjasama siswa pada siklus I mencapai 60,05 % dengan kriteria cukup, pada siklus II mencapai 93,33%. Hasil yang didapat setelah menerapkan metode permainan treasure hunt keterampilan kerjasama pada siklus I persentase rata-rata hasil keterampilan kerjasama siswa sebesar 63,70% dengan kriteria baik dan pada siklus II persentase rata-rata hasil keterampilan kerjasama mencapai 82,60% dengan kriteria baik sekali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Permainan Treasure Hunt; Keterampilan Kerjasama
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Depositing User: shifa miftahul jannah
Date Deposited: 05 Jul 2019 06:36
Last Modified: 05 Jul 2019 06:36
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21446

Actions (login required)

View Item View Item