Pengaruh penerapan model pembelajaran treffinger terhadap peningkatan kreativitas belajar siswa pada materi menghiasi pribadi dengan berbaik sangka dan beramal saleh: Penelitian Kuasi Eksperimen terhadap siswa kelas VIII SMP Triyasa Ujung Berung

Jannah, Nurusshofi Hamalatil (2019) Pengaruh penerapan model pembelajaran treffinger terhadap peningkatan kreativitas belajar siswa pada materi menghiasi pribadi dengan berbaik sangka dan beramal saleh: Penelitian Kuasi Eksperimen terhadap siswa kelas VIII SMP Triyasa Ujung Berung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover(1).pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (437kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Untuk mengetahui rendahnya kreativitas belajar siswa pada materi PAI yaitu saat anak diberikan tugas diskusi mereka hanya terpaku pada jawaban buku dan guru saja, yang tak lain mereka tidak mau mengasah argument ataupun pendapatnya, hal ini saat belum diterapkannya model pembelajaran treffinger yaitu memecahkan masalah dengan kreatif sebagaimana saat pembelajaran sebuah handphone bisa dimanfaatkan untuk mencari luas pengetahuan pada internet untuk menyelesaikan tentu tidak lepas dari pengawasan guru. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui: (1) proses penerapan model pembelajaran treffinger pada materi “ Menghiasi Pribadi dengan Berbaik Sangka dan Beramal Saleh”, (2) kreativitas belajar siswa pada materi “Menghiasi Pribadi dengan Berbaik Sangka dan Beramal Saleh”, (3) pengaruh penerapan model pembelajaran treffinger terhadap kreativitas belajar pada materi “Menghiasi Pribadi dengan Berbaik Sangka dan Beramal Saleh”. Pada model pembelajaran treffinger ini merupakan model yang dapat memecahkan masalah dengan kreatif, kemudian pemecahan masalah kreatif yang dirancang untuk membantu pemecahan masalah dengan menggunakan kreativitas untuk mencapai tujuan pembelajaran. Yaitu dengan memberikan pendapatnya atau argumennya, karena dalam kreativitas bukanlah penemuan sesuatu yang belum pernah ada atau belum diketahui oleh orang sebelumnya, melainkan suatuu kreativitas sesuatu yang baru bagi diri sendiri dan tidak harus merupakan sesuatu yang baru bagi orang lain. Untuk membuktikan hipotesis di atas, diadakan dengan penelitian yaitu metode eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Pada metode penelitian ini memerlukan dua kelas, yaitu kelas ekperimen dan kelas kontrol, untuk kelas eksperimen yang diberikan treatmen dengan menggunakan model treffinger, kemudian untuk kelas kontrol yang diberikan dengan menggunakan metode konvensional saja. Dengan 2 sampel penelitian yaitu pada kelas VIII C (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VIII D (sebagai kelas kontrol). Dari hasil penelitian diperoleh pada proses penerapan model tersebut guru memberikan tugas kelompok kepada siswa, kemudian sebelumnya guru memberikan rangsangan untuk menarik perhatian siswa dengan memutarkan tayangan video sampai terlaksana hingga kesimpulan. Adapun pada kreativitas belajar siswa pada kelas eksperimen dilihat dari nilai rata-rata pretest sebesar 26,54 (26%) dan nilai rata-rata posttest sebesar 42,54 (42%). hasil penelitian diperoleh pada hasil N-gain untuk kelas eksperimen mendapatkan nilai sebesar 0,71 yang termasuk dalam kategori tinggi, Sedangkan dalam persentasenya untuk kelas eksperimen adalah 85%. Oleh karena itu terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran treffinger terhadap peningkatan kreativitas belajar siswa pada materi tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: file tidak bisa dibuka
Uncontrolled Keywords: Penerapan; model treffinger; kreativitas;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurusshofi Hamalatil Jannah
Date Deposited: 15 Jul 2019 03:17
Last Modified: 15 Jul 2019 03:17
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21457

Actions (login required)

View Item View Item