Strategi Majelis Ulama Indonesia dalam upaya penerbitan sertifikat halal: Studi deskriptif di MUI Jawa Barat, jalan LL.RE. Martadinata No. 105 Cihapit, Bandung Wetan

Erlyta, Nency Ravica Lia (2019) Strategi Majelis Ulama Indonesia dalam upaya penerbitan sertifikat halal: Studi deskriptif di MUI Jawa Barat, jalan LL.RE. Martadinata No. 105 Cihapit, Bandung Wetan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy

Abstract

Setiap Umat Islam diwajibkan untuk mengkonsumsi produk halal dan thayyib. Namun pada kenyataannya, masih kita jumpai produk yang beredar di masyarakat belum seluruhnya dijamin kehalalannya. Untuk itu, perlu adanya lembaga untuk menerbitkan sertifikat halal suatu produk. Lembaga yang dimaksud merupakan lembaga dibawah naungan MUI yaitu LPPOM MUI. LPPOM MUI yaitu Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, Makanan Majelis Ulama Indonesia yang bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat Muslim dalam hal sertifikasi produk halal. Dalam pelaksanannya, MUI didukung pemanfaatan ilmu strategi yang akan membantu proses dan pengembangan program MUI khususnya dalam hal penerbitan sertifikat halal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi Majelis Ulama Indonesia Jawa Barat dalam upaya penerbitan sertifikat halal yang didalamnya meliputi formulasi strategi, pelaksanaan strategi, dan evaluasi strategi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori formulasi strategi, pelaksanaan strategi, dan evaluasi strategi. Teori ini merupakan proses manajemen strategi dari J. David Huger & Thomas L. Wheelen (2003:12). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, studi dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa strategi Majelis Ulama Indonesia Jawa Barat yang diterapkan harus mendukung kebijakan dan tujuan lembaga yang diformulasikan dengan mengembangkan misi, menganalisis kekuatan dan kelemahan lingkungan internal, menganalisis peluang dan ancaman lingkungan eksternal, kemudian menentukan alternatif strategi dan memilih strategi yang tepat. Pelaksanaan stratgei yang terkoordinir yaitu diawali dengan mengembangkan strategi yang sesuai dengan budaya lembaga, melaksanakan program kegiatan diantaranya adalah melakukan sertifikat halal gratis, gelar halal expo, olimpiade halal, layanan konsultasi sertifkat halal, dan halal care comunity. Sistem manajemen sertifikat halal yang tersususn secara rapi. LPPOM MUI Jawa Barat memanfaatkan sistem informasi untuk mendukung program kegiatan. Evaluasi strategi yang membangun yang sesuai dengan tuntutan dan perubahan zaman. Sistem evaluasi yang diterapkan diantaranya yaitu melakukan rapat auditor, rapat pimpinan, rapat istimewa, rapat koordinasi khusus, mengoreksi tindakan dan menganalisis hambatan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi Majelis Ulama Indonesia Jawa Barat dalam upaya penerbitan sertifikat halal telah sesuai dengan teori manajemen strategi yang meliputi formulasi strategi, pelaksanaan strategi, dan evaluasi strategi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Sertifikat Halal.
Subjects: Islam > Da'wah
Communities > Structure Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Nency Ravica Lia Erlyta
Date Deposited: 08 Jul 2019 03:22
Last Modified: 08 Jul 2019 03:22
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21521

Actions (login required)

View Item View Item