Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan terhadap akhlak siswa: Penelitian pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kota bandung

Indriani, Sri (2019) Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan terhadap akhlak siswa: Penelitian pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kota bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab2.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab3.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_bab5.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya sebagian siswa-siswi yang masih memiliki perilaku kurang terpuji, seperti: berbicara kasar di lingkungan sekolah, kurang menghormati teman, berbicara kurang sopan terhadap teman bahkan guru, dan lain sebagainya. Hal tersebut termasuk ke dalam akhlak tercela yang mencerminkan kepribadian buruk dan sangat tidak pantas jika seorang berpendidikan melakukannya. Seharusnya bagaimana siswa berkahlak dengan baik di sekolah maupun di luar sekolah, baik itu akhlak kepada orang tua, guru, diri sendiri, teman maupun lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Realitas kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan (2) Realitas akhlak siswa (3) Realitas pengaruhantara kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan dengan akhlak siswa. Penelitian ini dilandasi oleh pentingnya akhlak siswa di sekolah yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan. Tujuan didirikannya Hizbul Wathan adalah ikut/turut serta membantu orang tua dalam mendidik, mengasuh, dan membimbing anak-anak pemuda supaya kelak menjadi orang Islam yang berarti, bertakwa kepada Allah Swt. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh antara kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan dengan akhlak siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksplanatori. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi product moment dengan mengunakan variabel X (kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan) dan variabel Y (akhlak siswa). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa: (1) Kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan adalah berdistribusi normal. Untuk penafsirannya dilihat dari nilai meannya yaitu 59,31 jika dibagi oleh 15 item soal maka diperoleh 3,95 termasuk kategori tinggi, karena berada pada skala 3,50 − 4,50, artinya kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan berkategori tinggi. (2) Akhlak siswa adalah berdistribusi normal. Untuk penafsirannya dilihat dari nilai meannya yaitu 58,56 jika dibagi oleh 15 item soal maka diperoleh 3,90 termasuk kategori tinggi, karena berada pada skala 3,50 – 4,50, artinya akhlak siswa berkategori tinggi (3) Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan terhadap akhlak siswa di kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung diperoleh persentase 94%. Dan pengaruh 94% ini ada pada interval 0,90 − 1,00, dapat diinterpretasikan pada kategori sangat tinggi. Maka ada 6% pengaruh dari luar yang mempengaruhi akhlak siswa di kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Ekstrakurikuler Hizbul Wathan; Akhlak Siswa
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Indri ani
Date Deposited: 08 Jul 2019 05:29
Last Modified: 08 Jul 2019 05:29
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21552

Actions (login required)

View Item View Item