Intensitas santri mengikuti pengajian kitab Uqudulujain hubungannya dengan pemahaman mereka tentang etika berumah tangga: Penelitian pada santri di Pondok Pesantren Al-Hidayah Santiong Cicalengka

Rahayu, Siska (2019) Intensitas santri mengikuti pengajian kitab Uqudulujain hubungannya dengan pemahaman mereka tentang etika berumah tangga: Penelitian pada santri di Pondok Pesantren Al-Hidayah Santiong Cicalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_ bab1.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada fenomena yang terjadi di Pondok Pesantren Al-Hidayah Santiong Cicalengka. Berdasarkan studi pendahuluan, penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya intensitas santri dalam mengikuti pengajian Kitab Uqudulujain, yang ditandai dengan antusiasnya santri dalam mengikuti pengajian kitab Uqudulujain. Mestinya pemahaman mereka tentang isi kitab itu tinggi pula. Akan tetapi diperoleh informasi dari salah satu ustadz di Pondok Pesantren tersebut bahwa pemahaman santri tentang etika berumah tangga tidak menggembirakan. Hal tersebut menimbulkan suatu permasalahan mengapa hal itu terjadi?. Lalu, muncul pertanyaan: Bagaimana hubungan antara intensitas santri mengikuti pengajian kitab Uqudulujain dengan pemahaman mereka tentang etika berumah tangga? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Realitas intensitas santri mengikuti pengajian kitab Uqudulujain; (2) Realitas pemahaman santri tentang etika berumah tangga, dan; (3) Hubungan antara intensitas santri mengikuti pengajian kitab Uqudulujain dengan pemahaman mereka tentang etika berumah tangga. Penelitian ini bertolak pada asumsi teori yang menyatakan bahwa salah satu faktor yang dapat mempengaruhi terhadap pemahaman seseorang yaitu dengan adanya intensitas. Intensitas santri mengikuti pengajian kitab Uqudulujain akan mempengaruhi pemahaman mereka tentang etika berumah tangga. Maka dari itu penulis mengajukan hipotesis, semakin tinggi intensitas santri mengikuti pengajian kitab Uqudulujain, maka semakin baik pula pemahaman mereka tentang etika berumah tangga. Pendekatan penelitian ini bersifat kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket, tes, observasi dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 orang santri. Kemudian analisis datanya dilakukan dengan dua pendekatan yaitu parsial dan korelasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Realitas intensitas santri mengikuti pengajian kitab Uqudulujain termasuk kategori cukup dengan skor rata-rata 3,24 karena berada pada kelas interval 2,5-3,5; (2) Realitas pemahaman mereka tentang etika berumah tangga termasuk kategori cukup dengan skor rata-rata 67,87 karena berada pada interval 60-69; (3) Hubungan antara keduanya adalah: (a) Koefisien korelasinya termasuk kategori cukup dengan skor sebesar 0,57; (b) Hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% menunjukan hasil thitung (3,9) >ttabel (2,042). Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima artinya terdapat hubungan yang positif antara intensitas santri mengikuti pengajian kitab Uqudulujain dengan pemahaman mereka tentang etika berumah tangga; (c) Derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 18% dengan demikian 82% di pengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Intensitas; Kitab Uqudulujain; Pemahaman Etika Berumah Tangga;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siska Rahayu
Date Deposited: 10 Jul 2019 01:08
Last Modified: 10 Jul 2019 01:08
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21574

Actions (login required)

View Item View Item