Pengaruh strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT) terhadap kemampuan komunikasi siswa MI: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas V MI Terpadu Ar-Rifqi Kabupaten Bandung

Nuriah, Siti (2019) Pengaruh strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT) terhadap kemampuan komunikasi siswa MI: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas V MI Terpadu Ar-Rifqi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA Masalah utama dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil studi pendahuluan berupa pemberian tes di MI Terpadu Ar-Rifqi Kabupaten Bandung. Dari hasil tes didapatkan nilai minimal yang diperoleh siswa adalah 8,3 dan nilai maksimal 62,5. Nilai rata-rata dari tes tersebut sebesar 39,7. Hasil tes menunjukkan terdapat tujuh siswa berada pada kriteria jelek, tiga siswa pada kriteria kurang, dan tiga siswa pada kriteria cukup. Strategi pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis adalah strategi REACT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran matematika pokok bahasan volume kubus dan balok dengan menggunakan strategi REACT, kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan volume kubus dan balok sesudah memperoleh pembelajaran dengan strategi REACT dan pembelajaran konvensional, dan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan volume kubus dan balok yang memperoleh pembelajaran dengan strategi REACT lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Desain penelitian yaitu kuasi eksperimen yang dilakukan pada siswa kelas VA (kontrol) dan kelas VB (eksperimen) MI Terpadu Ar-Rifqi. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian yaitu, 1) Aktivitas guru dan siswa yang menggunakan pembelajaran dengan strategi REACT mengalami peningkatan dari setiap pertemuannya. Rata-rata aktivitas guru dan siswa pada pertemuan pertama sebesar 76% dengan kategori baik, pertemuan kedua sebesar 83% dengan kategori baik, dan pada pertemuan ketiga sebesar 86% dengan kategori sangat baik; 2) Kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas eksperimen sebesar 81,88 dengan kriteria baik, dan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas kontrol sebesar 70,65 dengan kriteria cukup; 3) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi REACT lebih baik dari pada kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.   ENGLISH The main problem in this study is students' mathematical communication skills are still low. This can be seen from the results of a preliminary study in the form of giving a test in the Ar-Rifqi Integrated MI in Bandung Regency. From the test results, the minimum value obtained by students is 8,3 and a maximum value is 62,5. The average value of the test is 39,7. The results of the test showed that there were seven students who were on bad criteria, three students in the criteria were lacking, and three students in the criteria were sufficient. The learning strategy that can be applied to improve mathematical communication skills is REACT. The purpose of this study was to find out the description of the mathematics learning process on the volume of cubes and beams by using REACT strategy. After learning with REACT and conventional learning strategies, it was found that the ability of students that used REACT strategy is better than conventional learning strategy in mathematical communication on the subject of the volume of cubes and beams. The design of the study is quasi-experiments conducted on VA class students (controls) and VB (experimental) classes of Integrated MI Ar-Rifqi. The research instrument used a test of mathematical communication skills and observation sheets of teacher and student activities. The results of the study show that 1) The activities of teachers and students who learn to use REACT strategy have increased from each meeting. The average activity of teachers and students in the first meeting was 76% with a good category, the second meeting was 83% with a good category, and at the third meeting was 86% with a very good category; 2) Mathematical communication skills of students in the experimental class is 81,88 with a good criteria, and mathematical communication skills of students in the control class is 70,65 with sufficient criteria; 3) Mathematical communication skills of students who get learning with REACT strategies are better than mathematical communication skills of students who get conventional learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi matematis; strategi REACT; volume kubus; volume balok; Madrasah Ibtidaiyah;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Nuriah
Date Deposited: 10 Jul 2019 01:23
Last Modified: 10 Jul 2019 01:23
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21594

Actions (login required)

View Item View Item