Penerapan media Flashcard untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan kosakata: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas III MI Al-FARISI Kecamatan Sukakarya Kabupaten Bekasi

Handayani, Sri (2018) Penerapan media Flashcard untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan kosakata: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas III MI Al-FARISI Kecamatan Sukakarya Kabupaten Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemarsalahan peserta didik masih kesulitan dalam menghafal kosa kata bahasa Indonesia. Peserta didik ramai sendiri, konsentrasi belajar kurang serta kurangnya penggunanaan media pembelajaran yang menarik khususnya pada materi kosa kata bahasa Indonesia, yang mengakibatkan kemampuan menghafal kosa kata rendah. Untuk menyikapi permasalan tersebut, maka peneliti tertarik untuk menggunakan media flashcard. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran dan aktivitas belajar siswa sebelum dan setelah penerapan media flashcard pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi kosakata di kelas III MI Al-Farisi Kabupaten Bekasi. Pembelajaran Bahasa Indonesia materi kosakata dengan menerapkan media flashcard ini diharapkan siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Flashcard adalah media pembelajaran dalam bentuk kartu bergambar yang berukuran 25x30 cm. Gambar-gambar dibuat menggunakan tangan atau foto, memanfaatkan gambar foto yang sudah ada yang ditempelkan pada lembaran-lembaran kartu. Gambar-gambar yang ada pada flashcard merupakan rangkaian pesan yang disajikan dengan keterangan setiap gambar yang dicantumkan pada bagian belakangnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) dan pendekatan mixed methods, yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Al-Farisi Kabupaten Bekasi berjumlah 17 siswa yang terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Instrumen penelitian ini terdiri lembar observasi aktivitas. Berdasarkan hasil penelitian peningkatan aktivitas belajar siswa meningkat. Hal ini terlihat dari nilai persentase aktivitas siswa sebelum menerapkan media Flashcard hanya sebesar 38,7% dengan kategori kurang baik, sedangkan setelah menerapkan media flashcard aktivitas belajar siswa menjadi 80,50% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Media Flashcard; meningkatkan aktivitas siswa;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: sri handayani
Date Deposited: 10 Jul 2019 03:02
Last Modified: 10 Jul 2019 03:02
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21641

Actions (login required)

View Item View Item