Dampak alih fungsi Lahan Pertanian sawah ke Industri terhadap Mata Pencaharian masyarakat Petani: Penelitian di Desa Muara Bakti Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi

Hibatullah, Hilmi (2019) Dampak alih fungsi Lahan Pertanian sawah ke Industri terhadap Mata Pencaharian masyarakat Petani: Penelitian di Desa Muara Bakti Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Alih fugsi lahan adalah sebuah proses pengalihan fungsi lahan yang biasa di pakai pada sektor pertanian atau perkebenunan menjadi sektor non-pertanian. Proses ini diakibatkan oleh kondisi ekonomi individu pada suatu kelompok masyarakat atau daerah dan juga bisa disebabkan oleh pesatnya arus modernisasi yang berdampak pada berkembangnya proses industrialisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk alih fungsi lahan sawah yang terjadi di Desa Muara Bakti juga mengetahui proses dari alih fungsi lahan ini bagaimana proses terjadinya. Selain itu untuk mengetahui pula dampak yang terjadi dari proses alih fungsi lahan sawah tertuma pada sektor ekonomi terhadap mata pencaharian masyarakat. Teori yang digunakan untuk menganalisis pada penelitian ini adalah teori perubahan sosial Kingsley Davis tentang perubahan pada struktur masyarakat dan juga teori perubahan sosial Selo Soejiman dalam buku Soejono Soekanto tentang perubahan yang di rencanakan. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif dengan jenis data primer data yang di peroleh langsung dengan objek penelitian. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian yang ditemukan di Desa Muara menunjukan adanya perubahan yang cukup signifikan yang juga tidak merata akibat dari dampak pembangunan industri PT. Cikarang Listrindo yang ini juga dikarenakan adanya perbedaan persepsi dan pandangan terhadap alih fungsi lahan ini. Terutama pada sektor ekonomi mata pencaharian masyarakat terlihat kontras pula dampaknya akibat dari proses alih fungsi lahan ini, seperti positifnya membuka usaha-usaha mikro dan negatifnya lahan sawah di daerah Desa menjadi menyempit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Social Process > Social Change
Econmics > Economic Situation and Conditions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: hilmi hibatullah
Date Deposited: 19 Jul 2019 06:32
Last Modified: 19 Jul 2019 06:32
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21647

Actions (login required)

View Item View Item