Bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri dan prestasi belajar remaja di Panti Asuhan Pondok Pesantren Darul Aitam Ar-Rahmah Putri Sindangsari Kersamanah Garut

Khairunnisa, Ishmah (2017) Bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri dan prestasi belajar remaja di Panti Asuhan Pondok Pesantren Darul Aitam Ar-Rahmah Putri Sindangsari Kersamanah Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (900kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text (BAB IV)
17_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)

Abstract

Fenomena yang ditemui pada penelitan pendahuluan, yaitu anak asuh yang merasa minder (kurang percaya diri) dan kurangnya motivasi diri sehingga menyebabkan prestasi belajar anak asuh menurun. Dilihat dari kurang berkembang dan kurangnya anak panti untuk menunjukan kemampuannya dibandingkan santriah lain yang masih memiliki keluarga lengkap. Maka dari itu diharapkan mampu memacu para pembina untuk terus berusaha dalam mengatasinya, salah satunya adalah dengan menggunakan metode pembinaan dan pola asuh yang tepat. Oleh karena itu, metode bimbingan kelompok di terapkan di panti asuhan Pondok Pesantren Darul Aitan Ar-Rahmah Garut ini. Karena selain bisa meminimalisir waktu bimbingan kelompok juga bisa melatih anak panti untuk bertoleransi dan peka terhadap lingkungan sekitar. Dalam bimbingan kelompok juga diajarkan cara terbaik dalam mengambil keputusan yaitu musyawarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah peran Bimbingan Kelompok dengan percaya diri dan prestasi belajar remaja, bagaimana teknik Bimbingan kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri dn prestasi belajar remaja, dan untuk mengetahui adakah hubungan antara Bimbingan Kelompok dengan Percaya Diri dan Prestasi Belajar Remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan penyebaran kuesioner (angket) kepada 58 responden yang merupakan sample jenuh. Untuk pengolahan data hasil penelitian menggunakan regresi berganda, uji korelasi, uji t dan uji f pada program SPSS 21. Terdapat peran Bimbingan Kelompok Dalam meningkatkan Percaya Diri dan Prestasi Belajar Remaja dibuktikan dengan peningkatan nilai positif percaya diri sebesar 0,335 dan prestasi belajar sebesar 0,151, mendekati angka 1. Jika nilai percaya diri dan Prestasi Belajar Remaja meningkat 1, berarti menunjukan nilai positif. Teknik Bimbingan kelompok yang berlaku di Panti Asuhan Pondok Pesantren Darul Aitam Ar-Rahmah Putri dibagi menjadi 10 kelompok yang terdiri dari kelas 1 sampai kelas 6 TMI dengan 10 pembimbing. Dan terdapat hubungan antara bimbingan kelompok, Percaya diri dan Prestasi Belajar Remaja, dibuktikan dengan nilai t hitung percaya diri (3,009) dan prestasi belajar (1,353) ≥ t tabel (0,2181), maka H0 ditolak. Sumbangan presentase peran dan hubungan bimbingan Kelompok dam meningkatkan Kepercayaan Diri dan prestasi belajar Remaja sebesar 21,1%. Nilai koefisien determinasi terhitung sebesar 21,1% termasuk pada hubungan yang cukup tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang cukup tinggi antara Bimbingan Kelompok dengan Percaya Diri dan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok; Percaya Diri; Prestasi Belajar;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 11 Jul 2019 07:37
Last Modified: 11 Jul 2019 07:37
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21664

Actions (login required)

View Item View Item