Peran kajian keislaman Komunitas Para Pejuang Tauhid dalam mengembangkan sikap Syaja’ah: Studi kasus pada remaja di Masjid Syaikh Sulthan Al-Khadlir Kabupaten Subang, Jawa Barat

Setiawan, Acep (2019) Peran kajian keislaman Komunitas Para Pejuang Tauhid dalam mengembangkan sikap Syaja’ah: Studi kasus pada remaja di Masjid Syaikh Sulthan Al-Khadlir Kabupaten Subang, Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (718kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Acep Setiawan : “Peran Kajian Keislaman Komunitas Para Pejuang Tauhid Dalam Mengembangkan Sikap Syaja’ah (Studi Kasus Pada Remaja di Masjid Syaikh Sulthan Al-Khadlir Kabupaten Subang, Jawa Barat)” Keinginan untuk belajar dan mengikuti kegiatan keagamaan bukanlah hal yang ringan, entah itu bagi remaja, orang dewasa maupun orang tua yang sudah sangat matang secara usia. Pada remaja contohnya, diusia ini bermain, berwisata, berkumpul bersama teman merupakan kegiatan yang mereka sukai dan kerap dilakukan. Cukup sulit apabila mereka yang terbiasa dengan kegiatan tersebut kemudian diarahkan untuk belajar dan mengikuti kegiatan keagamaan. Namun ternyata faktanya tidaklah mutlak demikian, banyak kita temukan para remaja yang mau belajar dan berperan serta dalam kegiatan kegamaan, salah satunya adalah para remaja komunitas Para Pejuang Tauhid. Hal yang melatar belakangi para remaja di komunitas Para Pejuang Tauhid itu mau aktif mengikuti kegiatan keagamaan adalah seringnya mereka mengikuti kajian keislaman yang diadakan oleh komunitas Para Pejuang Tauhid. Oleh karena itu penulis ingin meneliti hal ini melalui skripsi yang berjudul “Peran Kajian Keislaman Komunitas Para Pejuang Tauhid dalam Mengembangkan Sikap Syaja’ah”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi dari kajian keislaman komunitas Para Pejuang Tauhid serta bagaimana perannya dalam mengembangkan sikap syaja’ah pada remaja. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan menekankan pada kekuatan analisis data pada sumber-sumber data yang ada, sehingga hasil penelitian tidak berupa angka-angka melainkan berupa interpretasi dan kata-kata. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan, bahwa proses kajian keislaman komunitas Para Pejuang Tauhid yaitu berisikan tentang pendalaman masalah tauhid, fikih, tasawuf, amalan sunah dan juga ada materi tentang praktek riyadhoh amalan-amalan sunah. Adapun hasil yang dicapai setelah mengikuti kajian keislaman komunitas Para Pejuang Tauhid adalah mulai adanya ketertarikan dalam berlajar agama, ibadah pribadi lebih terjaga, mau terlibat dalam kegiatan keagamaan dan adanya keberanian untuk mendakwahkan Islam kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kajian keislaman; dakwah komunitas; dakwah kajian islam; kajian islam komunitas
Subjects: Bibliographies and Catalog Individuals
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Acep Acep Acep Setiawan
Date Deposited: 17 Jul 2019 02:14
Last Modified: 17 Jul 2019 02:14
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21698

Actions (login required)

View Item View Item