Ashabul A'raf dalam Al-Qur'an: Studi komparatif pada tafsir mafatih al-Ghaib dan Tafsir al-Mizan

Hadi, Martiyas Khairi (2019) Ashabul A'raf dalam Al-Qur'an: Studi komparatif pada tafsir mafatih al-Ghaib dan Tafsir al-Mizan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (556kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy

Abstract

Mayoritas masyarakat muslim hanya mengetahui jika di akhirat nanti hanya ada surga dan neraka saja, namun ternyata ada sebuah tempat lain dan nama tempat tersebut diabadikan dengan nama surat dalam al-Qur’an yaitu al-A’raf. Tempat ini disediakan bagi as}h}a>bul a’ra>f, tidak banyak informasi tentang mereka ini. Ada yang menyebutkan jika mereka adalah orang-orang yang amal kebaikan dan keburukannya seimbang, serta ada juga yang berpendapat jika mereka adalah orang-orang pilihan Allah Swt. dengan kemuliaan yang mereka miliki. Untuk mengetahui siapa mereka yang disebut dengan as}h}a>bul a’ra>f tentu membutuhkan penafsiran, tafsir merupakan sebuah hasil interpretasi, penjelasan dan pemahaman seorang mufassir terhadap ayat-ayat al-Qur’an yang sangat terkait dengan konteks sosio-kultural, ideology, serta latar belakang keilmuan. Dari latar belakang di atas, muncul sebuah permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini, yaitu bagaimana penafsiran as}h}a>bul a’ra>f dalam al-Qur’an menurut Fakhruddin al-Razi dan Thabathaba’i. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan al-A’ra>f dan siapa mereka yang dimaksud dengan as}h}a>bul a’ra>f, bagaimana sifat dan karakteristik serta status mereka ketika berada di atas al-A’ra>f. Metode yang dipakai dalam penulisan penelitian ini adalah metode muqarran atau komparatif, dengan metode perbandingan ini maka akan tampak sisi persamaan dan perbedaan, mengapa sama dan mengapa berbeda. Pada penelitian ini penulis memilih membandingkan antara pendapat al-Razi dan Thabathaba’i, yaitu dua orang mufassir dengan latar belakang keilmuan yang berbeda. Tidak hanya itu, terdapat perbedaaan yang sangat mencolok pada aspek teologis yang dianut oleh masing-masing mufassir dan hal ini tentu akan menjadi sebuah topik yang pantas untuk di teliti. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan, bahwa yang dimaksud dengan al-A’ra>f oleh al-Razi dan Thabathaba’i ialah sebuah tempat tertinggi yang berada di atas tembok pembatas antara surga dan neraka, al-A’ra>f adalah sebuah tempat yang kekal seperti halnya surga dan neraka. Sedangkan dalam menafsirkan as}h}a>bul a’ra>f, al-Razi berpendapat jika mereka adalah orang-orang yang amal kebaikan dan keburukannya seimbang, hal tersebut menyebabkan mereka ditempatkan di atas al-A’ra>f, mereka ditempatkan di atas al-A’ra>f hanya untuk persinggahan yang pada akhirnya mereka akan masuk kedalam surga dengan izin dari Allah Swt. Di lain sisi, Thabathaba’i berpendapat jika mereka adalah orang-orang pilihan Allah Swt. yang memiliki kemuliaan, mereka kekal berada di atas al-A’ra>f karena mereka bukan penghuni surga maupun penghuni neraka, mereka adalah penghuni al-A’ra>f dengan semua kemuliaan yang mereka miliki di atasnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: hadi martiyas hadi
Date Deposited: 18 Jul 2019 07:23
Last Modified: 18 Jul 2019 07:23
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21784

Actions (login required)

View Item View Item