Pelaksanaan bimbingan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak usia dini : penelitian di TK Bunda Asuh Nanda Ujungberung Kota Bandung

Peradila, Sani (2017) Pelaksanaan bimbingan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak usia dini : penelitian di TK Bunda Asuh Nanda Ujungberung Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (645kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)

Abstract

Pengembangan kecerdasan spiritual pada anak usia dini merupakan hal yang sangat penting dilakukan karena anak merupakan generasi penerus yang akan melanjutkan eksistensi bangsa. TK Bunda Asuh Nanda dalam setiap kegiatan pelaksanaan bimbingan keagamaannya mengarahkan pada pengembangan kecerdasan spiritual anak didiknya. Kecerdasan spiritual (SQ) merupakan kecerdasan tertinggi yang dimiliki oleh manusia setelah kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (SQ), dan merupakan kecerdasan jiwa yang mampu mengendalikan IQ dan SQ. kecerdasan spiritual ini harus ditanamkan sejak anak-anak masih berusia dini karena anak usia dini merupakan golden age dan menanamkan nilai-nilai pada anak usia dini akan tertanam pada jiwanya sampai dewasa kelak. Penelitian ini berawal dari temuan permasalahan yang berkenaan dengan permasalahan anak yang marak pada saat ini. Metode yang digunakan di TK Bunda Asuh Nanda adalah dengan metode pembiasaan yang menanamkan Bimbingan Agama Islam pada anak setiap hari. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak usia dini, mengetahui metode pelaksanaan bimbingan agama dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak usia dini, dan mengetahui media yang digunakan dalam pelaksanaan bimbingan agama dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak usia dinid I TK Bunda Asuh Nanda. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif, yang dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan observasi langsung dan dengan wawancara kepada narasumber yaitu Kepala Sekolah TK Bunda Asuh Nanda. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis adalah pelaksanaan bimbingan agama cukup signifikan, hasil dari bimbingan agama ini cukup menunjukan ke arah yang positif. Para Guru yang bertugas dalam bimbingan ini berkewajiban memberikan bimbingan agama Islam dalam upaya mengembangkan kecerdasan spiritual anak. Materi yang disampaikan bersumber dari Al-Qur’an dan Al-Hadist.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan spiritual; Kecerdasan Emosional; Kecerdasan Intelektual;
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 16 Jul 2019 00:49
Last Modified: 16 Jul 2019 00:49
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21812

Actions (login required)

View Item View Item