Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Iman kepada Nabi dan Rasul Allah Swt: penelitian tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII SMP Terpadu Hidayatul Falah Rancaekek Kabupaten Bandung

Supriadi, Yadi (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Iman kepada Nabi dan Rasul Allah Swt: penelitian tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII SMP Terpadu Hidayatul Falah Rancaekek Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_ BAB I.pdf

Download (446kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)

Abstract

Penelitian ini bermula dari fenomena yang terjadi di SMP Terpadu Hidayatul Falah Rancaekek, bahwa pemahaman siswa rendah yakni ketika dilakukan evaluasi masih banyak siswa yang mendapat nilai dibawah KKM (65). Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa, salah satu upaya yang ditempuh oleh peneliti adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence yang menurut hemat peneliti dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Iman Kepada Nabi dan Rasul Allah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence pada mata pelajaran PAI materi Iman kepada Nabi dan Rasul Allah di setiap siklus (2) pemahaman belajar siswa kelas VIII SMP Terpadu Hidayatul Falah Rancaekek Kabupaten Bandung setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence (3) mengetahui peningkatan pemahaman belajar siswa kelas VIII SMP Terpadu Hidayatul Falah Rancaekek Kabupaten Bandung sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siwa kelas VIII yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi dan evaluasi. Penelitian ini bertolak dari kerangka penelitian, bahwa pemahaman belajar siswa pada materi iman kepada nabi dan rasul Allah dianggap rendah. Hal ini berdasarkan asumsi peneliti berindikasi pada penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat sehingga dari asumsi tersebut dirumuskan hipotesis bahwa penggunaan model pembelajaran yang tepat akan dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa pada materi Iman kepada Nabi dan Rasul Allah. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pemahaman belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence adalah 62,8. Hal ini mengalami peningkatan setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence, pada siklus I mendapat nilai rata-rata sebesar 72,7 sedangkan pada siklus II mendapat nilai rata-rata 78,3 dan pada siklus III mendapat nilai 79,6. Maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Iman kepada Nabi dan Rasul Allah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence dinyatakan ada peningkatan yaitu sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence diperoleh hasil rata-rata 62,8 sedangkan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence diperoleh hasil rata-rata 76,9.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Iman; Kooperatif tipe complete sentence; Fenomena;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 16 Jul 2019 01:02
Last Modified: 16 Jul 2019 01:02
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21817

Actions (login required)

View Item View Item