Kredibilitas Da’i dengan keseriusan Jama’ah dalam menyimak ceramah: Studi deskriptif tentang kredibilitas Da’i di Majelis Ta’lim Al-A’raf Rancakamurang Rw 08 Gedebage Kota Bandung

Barokah, Siti (2017) Kredibilitas Da’i dengan keseriusan Jama’ah dalam menyimak ceramah: Studi deskriptif tentang kredibilitas Da’i di Majelis Ta’lim Al-A’raf Rancakamurang Rw 08 Gedebage Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah adalah mengajak manusia kepada jalan Allah secara menyeluruh; baik dengan lisan, tulisan, maupun dengan perbuatan. Ceramah yang disampaikan oleh para da’i dalam kegiatan keagamaan merupakan praktik-praktik keagamaan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman keagamaan terhadap sang Khalik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui uraian tentang tiga indikator kredibilitas da’i di Masjid Al-A’raaf. presfektif kredibilitas da’i yaitu Etos, Patos dan Logos. Kemudian tujuan selanjutnya adalah untuk mengetahui hubungan kredibilitas da’i terhadap keseriusan jama’ah dalam menyimak ceramah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh jama’ah yang tidak serius dalam menyimak ceramah. Berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan yaitu ketidakseriusan jama’ah dalam menyimak ceramah yaitu mengantuk hingga tertidur. Penelitian ini dapat mengungkapkan latarbelakang terjadinya masalah tersebut prespektif ilmu kredibilitas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran angket kepada jama’ah dan mengumpulkan dokumentasi data yang diperlukan untuk menunjang validitas penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa keseriusan jama’ah dalam menyimak ceramah mayoritas dipengaruhi oleh retorika da’i. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tafsir logika yang dihubungkan dengan konteks Dakwah Komunikasi Penyiaran Islam. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa da’i masjid Al-A’raf memenuhi ketiga indikator kredibilitas, yang menunjukan bahwa mayoritas da’i memiliki Etos yaitu bakat keahlian, dan relevansi materi dengan perkembangan zaman; Patos yaitu da’i selalu meninjau emosi dan karakter jama’ah; dan logos yaitu da’i memiliki argumentasi yang kuat. Kesimpulkan dari penelitian ini menunjukan bahwa kredibilitas da’i di Masjid Al-A’raf sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kredibilitas Da'i; Jama'ah; Ceramah;
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: siti barokah
Date Deposited: 16 Jul 2019 04:30
Last Modified: 16 Jul 2019 04:30
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21838

Actions (login required)

View Item View Item