Strategi media relations dalam membangun citra positif lembaga: Analisis Deskriptif Kualitatif pada Humas Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat

Abduh, Muhammad (2019) Strategi media relations dalam membangun citra positif lembaga: Analisis Deskriptif Kualitatif pada Humas Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Strategi Media Relations yang dilakukan oleh Humas Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat dalam membangun citra positif lembaga. Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran media yang saat ini memiliki pengaruh terhadap peningkatan citra dan reputasi pada suatu lembaga di mata masyarakat, media dapat memberitakan apapun terkait kegiatan yang dimiliki Lembaga. Maka dari itu, Lembaga perlu menjalin hubungan yang baik dengan media sehingga media tetap menjaga reputasi lembaga dan instansi yang telah menjalin hubungan baik melalui pemberitaannya. Penelitian mengenai strategi Media Relations ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan Media Gathering, Media Tour, dan Press Conference yang yang dilakukan Humas yang dilakukan oleh Humas Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat dalam upaya menjalin hubungan baik dengan media dan menyampaikan informasi kepada masyarakat. Tujuan Bank Indonesia melakukan strategi Media Relations ialah untuk meningkatkan citra positif lembaga di mata publik. Penelitian ini berlandaskan pada konsep yang dikemukakan oleh Rosady Ruslan mengenai Media Relations yang terbagi menjadi tiga, yaitu Media Gathering, Media Tour, dan Press Conference. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif sehingga memaparkan situasi atau peristiwa dan memberi gambaran secara cermat mengenai individu atau kelompok tertentu tentang keadaan dan gejala yang terjadi. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan wawancara dan observasi dengan empat informan. Hasil dan analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Media Relations yang dilakukan Humas Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat meliputi tiga kegiatan. Pertama, kegiatan Media Gathering yang meliputi Program Capacity Building dalam rangka meningkatkan kualitas wartawan dalam memberitakan suatu informasi, Sertifikasi Wartawan untuk menunjang karir bagi wartawan lembaga, dan Ngopi Bareng sebagai upaya merangkul media. Kedua, kegiatan Media Tour yang meliputi Program Kunjungan Wisata sebagai upaya membangun kedekatan emosional dengan media dan Kunjungan kepada Pelaku UMKM dalam rangka mengedukasi wartawan dalam hal ekonomi dan bisnis. Ketiga, kegiatan Press Conference yang meliputi Kegiatan Penyampaian Kebijakan Hasil Rapat Dewan Gubernur oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat dan Publikasi Kebijakan Bank Indonesia sebagai upaya penyebaran informasi mengenai kebijakan Bank Indonesia kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi ; Media ; Relations
Subjects: Administration of Economy > Administration of Communications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Mr. Muhammad Abduh
Date Deposited: 16 Jul 2019 08:28
Last Modified: 16 Jul 2019 08:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21854

Actions (login required)

View Item View Item