Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan etika kerja terhadap kinerja guru: Studi pada Pondok Pesantren Darussalam Tasikmalaya

Ishak, Acep (2019) Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan etika kerja terhadap kinerja guru: Studi pada Pondok Pesantren Darussalam Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy

Abstract

Setiap Pondok Pesantren tentunya memiliki karakteristik masing-masing yang melambangkan perbedaan atau keunikannya tersendiri dengan Pondok Pesantren lainnya. Karakteristik tersebut dipengaruhi oleh seorang pemimpin dengan gaya kepemimpinannya tersendiri dan dari etika kerjanya. Jika guru-guru mengikuti aturan yang ditetapkan oleh Pondok Pesantren dan akan memunculkan etika kerja guru yang baik dan akan mempengaruhi kinerja guru yang kemungkinan besar akan mempengaruhi kinerja lembaga dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Etika Kerja terhadap Kinerja Guru baik secara parsial maupun secara simultan. Objek dalam penelitian ini adalah Pondok Pesantren Darussalam Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu Probability Sampling dengan jenis simple random sampling dan penentuan jumlah sample menggunakan teknik slovin sehingga didapat jumlah sample sebanyak 90 responden. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner yang dibagikan secara langsung kepada para guru Pondok Pesantren Darussalam. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, dan uji korelasi. Sedangkan pengujian hipotesis dalam penelitian ini di uji menggunakan uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi (r2). Hasil penlitian ini menunjukan bahwa secara parsial Gaya Kepemimpinan Transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,642 > 1,988) sehingga hipotesis pertama diterima. Secara parsial Etika kerja berpengarus positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru, hal ini dibuktikan dengan thitung lebih besar dari ttabel (7,166 > 1,988) sehingga hipotesis kedua diterima. Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Etika Kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru, hal ini dibuktikan dengan nilai fhitung lebih besar dari ftabel ( 35,715 > 3,10 ) sehingga hipotesis ketika diterima. Besaran kontribusi Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Etika Kerja yang mempengaruhi Kinerja Guru dalam penelitian ini adalah sebesar 45,1% yang berarti 54,9% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Transformasional; Etika Kerja; Kinerja Guru
Subjects: General Management > Organizations
General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: ceppy acep acep ishak
Date Deposited: 18 Jul 2019 03:36
Last Modified: 19 Aug 2019 02:43
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21865

Actions (login required)

View Item View Item