Aktivitas bidan dalam mengikuti kegiatan keagamaan hubungannya dengan akhlak mereka dalam melayani pasien: Penelitian di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung

Fauziyyah, Syifa (2019) Aktivitas bidan dalam mengikuti kegiatan keagamaan hubungannya dengan akhlak mereka dalam melayani pasien: Penelitian di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena yang ditemukan di rumah sakit Muhammadiyah, Bandung yaitu terdapat bidan muslim yang berusia relatif muda dan juga bidan senior dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman yang berbeda dalam pengembangan keprofesionalannya maupun aktivitasnya dalam mengikuti kegiatan keagamaan, sehingga mereka memiliki karakteristik dan kepribadian sendiri sesuai dengan usia ataupun pendidikan yang diperolehnya dari pengalaman hidup yang dijalaninya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). Realitas Aktivitas Bidan dalam Mengikuti Kegiatan Keagamaan, (2). Realitas Akhlak Bidan Terhadap Pasien, dan (3). Realitas Hubungan Aktivitas Bidan dalam Mengikuti Kegiatan Keagamaan dengan Akhlak Mereka dalam Melayani Pasien. Penelitian ini didasarkan pada kerangka pemikiran yang menyatakan bahwa akhlak bidan terhadap pasien dipengaruhi oleh aktivitas bidan dalam mengikuti kegiatan keagamaan, semakin tinggi aktivitas bidan dalam mengikuti kegiatan keagamaan maka semakin baik akhlak bidan terhadap pasien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sampelnya terdiri dari 10 orang bidan, sedangkan teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan penyebaran angket pada kedua variabel, observasi, wawancara, dan menyalin dokumen, kemudian analisis data menggunakan analisis statistik. Hubungan antara Aktivitas Bidan dalam Mengikuti Kegiatan Keagamaan dengan Akhlak Mereka terhadap Pasien menunjukan bahwa korelasi rendah dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,32 yang berada pada interval 0,20-0,40. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis di atas dengan jumlah thitung sebesar 0,95 dan ttabel 0,63 yang berarti thitung < ttabel dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak. Ini menunjukan bahwa terdapat korelasi positif antara aktivitas bidan dalam mengikuti kegiatan keagamaan hubungannya dengan akhlak mereka dalam melayani pasien di rumah sakit Muhammadiyah, diperoleh 10%, sehingga dapat di interpretasikan aktivitas bidan dalam mengikuti kegiatan keagamaan memberi pengaruh sebesar 10% terhadap akhlak mereka dalam melayani pasien di rumah sakit Muhammadiyah Bandung dan 90% pengaruhnya berasal dari luar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas bidan; kegiatan keagamaan; akhlak;
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syifa Fauziyyah
Date Deposited: 17 Jul 2019 06:49
Last Modified: 17 Jul 2019 06:49
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21871

Actions (login required)

View Item View Item