Pesan dakwah dalam lirik-lirik lagu Ebiet G Ade pada album masih ada waktu: Studi analisis isi terhadap lirik-lirik lagu Ebiet G Ade pada album masih ada waktu

Ropik, Muhamad Abdul (2019) Pesan dakwah dalam lirik-lirik lagu Ebiet G Ade pada album masih ada waktu: Studi analisis isi terhadap lirik-lirik lagu Ebiet G Ade pada album masih ada waktu. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy

Abstract

Musik adalah salah satu bentuk dari seni yang banyak di gemari masyarakat karena sifatnya yang universal, musik begitu mudah di nikmati hal ini bisa menjadi salah satu media untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah secara efektif. Saat sebauh musik ataupun lagu mempunyai tujuan dan isi pesan moral yang terdapat didalam setiap lirik-liriknya, maka pesan yang tersampaikan akan mampu menjadi lebih komunikatif, karena dengan begitu selain dapat diterima juga mampu menghibur bagi yang mendengarnya (komunikan). Musik atau lagu yang selama ini yang hanya dijadikan sebagai sarana hiburan oleh masyarakat, sedikitnya kini telah bertambah fungsinya karena dengan seni musik atau lagu pelaku dakwah dapat menyampaikan pesan dakwah melalui lirik-lirik lagunya. Adapun tujuan peneitian ini untuk mengetahui isi pesan dakwah, kategorisasi, dan karakteristik yang terdapat didalam lirik-lirik lagu pada album “Masih Ada Waktu” karya Ebiet G Ade. Penelitian ini berawal pada pemikiran bahwa dakwah merupakan sebuah tugas dalam kehidupan yang wajib dilakukan oleh umat Islam. Pesan dakwah merupakan salahsatu faktor yang sangat pentig guna terwujudnya efektifitas dari tujuan dakwah, agar pesan dakwah tersampaikan dengan baik, hal ini harus diberengi dengan alat (media) yang dapat membantu dalam menyampaikan pesan dakwah. Seni musik atau lagu dipilih sebagai media dakwah dikarenakan sifatnya yang dengan sangat mudah dinikmati oleh masyarakat, selain daripada itu musik juga mampu menjadi sarana perenungan dan ajaran kebaikan dan kesadaran. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi (content analysis) .adalah sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui isi ataupun makna pesan komunikasi yang terdapat dalam lirik lagu. Metode anlisis isi bertujan untuk bisa mengetahui, dan mendeskripsikan pesan dakwah, kategorisasi pesan dakwah, dan Karakteristik pesan dakwah dalam lirik-lirik lagu Ebiet G Ade pada album Masih Ada Waktu. Hasil dari data-data yang telah di teliti di peroleh kesimpulan bahwa lirik-lirik lagu dalam album Masih Ada Waktu mengandung pesan dakwah islam tentang, syukur, tawakal, taubat, bermuhasabah diri, hijrah, dzikir dan iman hanya kepada Allah. Kategorisasasi pesan dakwahnya adalah Ahlak, Aqidah, dan Syari’ah. Kemudian karakterisik pesan dakwahnya adalah universal, seimbang, lengkap, original dan mudah di pahami.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ebiet G Ade;Pesan Dakwah;Lirik
Subjects: Islam Umum > Islam dan Kesenian
Music for Single Voices, The Voice > Solo Voice
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhamad Abdul Ropik
Date Deposited: 17 Jul 2019 06:51
Last Modified: 17 Jul 2019 06:51
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21885

Actions (login required)

View Item View Item