Respon Jamaah Terhadap Pengajian Rutin Majelis Taklim Al Hidayah: Studi Di Pengajian Rutin Bulanan Ibu-ibu Majelis Taklim Al Hidayah Desa Haurkuning Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang

Khoiriyah, Nisa (2019) Respon Jamaah Terhadap Pengajian Rutin Majelis Taklim Al Hidayah: Studi Di Pengajian Rutin Bulanan Ibu-ibu Majelis Taklim Al Hidayah Desa Haurkuning Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover(1).pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (623kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy

Abstract

Jama’ah pengajian di Desa Haurkuning Kabupaten Sumedang yang terbentuk dalam Majelis Taklim Al Hidayah sudah berjalan selama 19 tahun dengan dua orang da’i berstatus suami-istri yang menyebarkan ajaran Islam kepada 140 jama’ah ibu-ibu Desa Haurkuning Kabupaten Sumedang. Pengajian tersebut di nilai membawa dampak positif kepada jama’ah yang notabene nya berstatus ibu rumah tangga. Kegiatan ini diadakan setiap hari Ahad pada pekan kedua pukul 08.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB. Pengajian tersebut dilakukan di masjid dan selalu berpindah tempat pada setiap bulannya. Materi yang disampaikan pada pengajian tersebut terdiri dari aqidah, akhlak, ibadah, dan syariah (Fiqh). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perhatian jama’ah terhadap pengajian rutin Majelis Taklim Al Hidayah. Kedua untuk mengetahui bagaimana pemahaman jama’ah terhadap pengajian rutin Majelis Taklim Al-Hidayah. Serta untuk mengetahui bagaimana penerimaan jama’ah terhadap pengajian rutin Majelis Taklim Al-Hidayah Desa Haurkuning Kabupaten Sumedang. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini menggunakan teori S-O-R (Stimulus, Organism, Respon). Teori yang digagas oleh Hovland, dkk. ini menitikberatkan pada sebab terjadinya rangsangan yang diberikan saat berkomunikasi dengan organism. Dalam teori tersebut penelitian ini menganalisis tiga aspek dari respon, diantaranya perhatian, pemahaman, dan penerimaan. Langkah-langkah penelitian yang dilalui meliputi observasi langsung ke lapangan, wawancara kepada jama’ah Majelis Taklim Al Hidayah dan kepada H. Nurul Ishaq serta Siti Rohanah selaku da’i. Kemudian penyebaran angket diberikan kepada 21 responden sebagai sampel dari 140 populasi, yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan perhitungan presentase, mean, dan skala likert. Hasil penelitian yang penulis dapatkan bahwa dari ketiga komponen respon yaitu Perhatian, Pemahaman, dan Penerimaan mendapat respon sangat baik dari jama’ah. Dari data yang diperoleh dari angket komponen perhatian mendapatkan skor 365 dengan nilai rata-rata 4,34 mendapat predikat sangat baik, pemahaman mendapatkan skor 564 dengan nilai rata-rata 4,44 mendapat predikat sangat baik, dan penerimaan mendapatkan skor 444 dengan nilai rata-rata 4,22 mendapat predikat sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Respon;Jamaah;Pengajian;Majelis Taklim
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Ibadah
Social Process > Public Opinion
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nisa Khoiriyah
Date Deposited: 17 Jul 2019 06:53
Last Modified: 17 Jul 2019 06:53
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21891

Actions (login required)

View Item View Item