Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan Terhadap Return On Investment (ROI): Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2017

Haryanti, Siti (2019) Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan Terhadap Return On Investment (ROI): Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan adalah sebagai berikut untuk mengetahui apakah variabel independen yaitu perputaran kas memiliki pengaruh terhadap variabel dependen yaitu profitabilitas perusahan yang diukur dengan menggunakan Return on investment (ROI), apakah perputaran piutang memiliki pengaruh terhadap Return on investment (ROI) dan juga perputaran persediaan memiliki pengaruh terhadap Return on investment (ROI). Data yang digunakan merupakan data sekunder berupa laporan keuangan 14 perusahaan selama satu tahun, yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan analisis statistik yaitu analisis statistik deskriptif, analisis regresi berganda, uji korelasi, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis. Variabel penelitian ini adalah perputaran kas sebagai X1, perputaran piutang sebagai X2, perputaran persediaan sebagai X3 serta Return On Invesment (ROI) sebagai variabel Y. Dari hasil analisis regresi linier berganda menunjukan secara parsial variabel perputaran kas (X1) memiliki t hitung < t tabel yaitu sebesar -3.820 < 2,228 dan memiliki nilai probabilitas sebesar 0,003 dengan taraf signifiansi 5% sehingga nilai probabilitas lebih kecil dari taraf signifikansi atau p<5%, yang artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara perputaran kas secara parsial terhadap ROI perusahaan. Tetapi jika dilihat dari t hitung arahnya negatif, maka perputaran kas tidak berpengaruh positif terhadap Return on investment (ROI). Variabel perputaran piutang t hitung < t tabel yaitu sebesar 0,904< 2,228 dan Perputaran piutang (X2) memiliki nilai probabilitas sebesar 0,387 dengan taraf signifikansi 5% sehingga nilai probabilitas lebih besar dari taraf signifikansi atau p<5% Jadi dapat disimpulkan bahwa perputaran piutang secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap ROI. variabel perputaran persediaan t hitung > t tabel yaitu sebesar 2,471> 2,228 serta perputaran persediaan (X3) memiliki nilai probabilitas sebesar 0,033 dengan taraf signifikansi 5% sehingga nilai probabilitas lebih kecil dari taraf signifikansi atau p<5%, Jadi dapat disimpulkan bahwa perputaran persediaan secara parsial berpengaruh positif terhadap ROI. Dan secara simultan perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan berpengaruh terhadap Return On Investment (ROI) dilihat dari nilai probabilitas 0,023<0,05 dan nilai F tabel 4,946 > F hitung 3,59. Besarnya pengaruh perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan terhadap Return On Invetsment berdasarkan nilai koefisien determinasi adalah sebesar 0,597 Artinya variabel independen (perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan) menunjukan pengaruh yang sedang terhadap Return On Invetsment, sedangkan sisanya sebesar 40,3% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perputaran Kas; Perputaran Piutang; Perputaran Persediaan; Return On Investment (ROI)
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: siti haryanti
Date Deposited: 18 Jul 2019 06:23
Last Modified: 18 Jul 2019 06:23
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21914

Actions (login required)

View Item View Item