Hubungan antara keterampilan komunikasi dengan penguasaan konsep peserta didik melalui penerapan model Concept Attainment pada materi fisika modern dan radioaktivitas

Aziezah, Fithriyyah (2017) Hubungan antara keterampilan komunikasi dengan penguasaan konsep peserta didik melalui penerapan model Concept Attainment pada materi fisika modern dan radioaktivitas. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari hasil observasi yang dilaksanakan di SMKN 6 kota Bandung, dengan fakta bahwa keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran fisika, terutama dalam hal mengkomunikasikan hasil pemikirannya cenderung rendah. Selain itu, ketika peserta didik dites pada materi fisika modern dan radioaktivitas, peserta didik cenderung mendapat nilai yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaian keterampilan komunikasi mempengaruhi penguasaan konsep peserta didik. Pada proses pembelajaran digunakan model Concept Attainment dengan metode dan desain penelitian pra-eksperimen dengan bentuk One-Shot Case Study, yang dilakukan di kelas XI SMKN 6 kota Bandung. Teknik penarikannya menggunakan simple random sampling dan yang dijadikan sampel adalah kelas XI TPM-5. Instrumen yang digunakannya adalah lembar keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model Concept Attainment, LKPD keterampilan komunikasi, dan tes penguasaan konsep berbentuk uraian dengan jumlah 13 soal. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran untuk guru sebesar 98,33%, dan peserta didik sebesar 97% dengan tingkat keterlibatan sebesar 87,79%. Adapun hasil perhitungan uji korelasi Spearman-rank didapat koefisien korelasi sebesar 0,347 pada taraf nyata (α) sebesar 0,05 dengan interpretasi rendah, nilai uji signifikansi t_hitung=1,654, dan nilai koefisien determinasi sebesar 12%. Hal ini memiliki arti bahwa terdapat hubungan positif yang tidak signifikan antara keterampilan komunikasi dengan penguasaan konsep, dan keterampilan komunikasi memiliki pengaruh sebesar 12% terhadap penguasaan konsep, pada pembelajaran yang menggunakan model Concept Attainment.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: komunikasi; fisika; radioaktivitas
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Modern Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 18 Jul 2019 04:43
Last Modified: 18 Jul 2019 04:43
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21919

Actions (login required)

View Item View Item