Pengaruh penempatan pada Bank Indonesia dan pembiayaan Bagi Hasil terhadap Total Aset PT. Bank Jabar Banten Syariah periode 2015-2018

Amaliah, Siti (2019) Pengaruh penempatan pada Bank Indonesia dan pembiayaan Bagi Hasil terhadap Total Aset PT. Bank Jabar Banten Syariah periode 2015-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR%20ISI.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Bank syariah merupakan bisnis yang menjual kepercayaan, karena bergerak dalam bidang jasa. Tingkat Aset bank menunjukkan kemampuan bank dalam mengelola keuangan dengan baik. Bank dikategorikan sehat jika Total Asetpun baik. Hal ini akan menarik kepercayaan nasabah untuk menggunakan jasa bank tersebut. Oleh karena itu, bank harus cermat, Untuk menjaga agar Total Aset bank baik, harus memperhatikan dari segi Aset lancar dan Aset tetap, sebab jika Total Aset yang dimiliki kecil maka likuiditas bank lemah, begitupun jika pembiayaan yang disalurkan terdapat banyak kemacetan maka likuiditas pun akan melemah. Namun, temuan dalam laporan keuangan bank umum syariah PT. Bank BJB Syariah Tbk menunjukan penyimpangan, dimana beberapa periode menunjukkan Penempatan Pada Bank Indonesia dan Pembiayaan Bagi Hasil yang ada berbanding terbalik dengan Total Aset. Laporan keuangan PT. Bank BJB Syariah Tbk menjadi objek dari penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui dan menganalisa pengaruh Penempatan Pada Bank Indonesia terhadap Total Aset PT. Bank BJB Syariah Tbk secara parsial, (2) mengetahui dan menganalisa pengaruh Pembiayaan Bagi Hasil terhadap TotalAset PT. Bank BJB Syariah Tbk secara parsial, (3) mengetahui dan menganalisa Penempatan Pada Bank Indonesia dan Pembiayaan Bagi Hasil terhadap Total Aset PT. Bank BJB Syariah Tbk secara simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan PT. Bank BJB Syariah Tbk periode tahun 2015-2018. Teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browser, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji F). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows version 20.0 dan microsoft excel 2013 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial nilai uji t pengaruh Penempatan Pada Bank Indonesia terhadap Total Aset adalah 2.238 > 2.179 atau thitung > ttabel yang artinya terdapat hubungan yang signifikan. Sedangkan pengaruh Pembiayaan Bagi Hasil terhadap Total Aset adalah 0.885 < 2.179 atau thitung < ttabel yang artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan. Kemudian secara simultan nilai uji F pengaruh Penempatan Pada Bank Indonesia terhadap Total Aset adalah Fhitung > Ftabel yakni 4.140 > 3.98 dengan nilai signifikansi 0,045. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan Antara Penempatan Pada Bank Indonesia dan Pembiayaan Bagi Hasil terhadap Total Aset.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh penempatan; Bank Indonesia; pembiayaan Bagi Hasil; Total Aset;
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: siti amaliah lia
Date Deposited: 19 Jul 2019 08:43
Last Modified: 20 Jan 2020 03:35
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21945

Actions (login required)

View Item View Item