Upaya Pemberdayaan Ekonomi masyarakat melalui kelompok Usaha bersama Motekar Pengrajin Anyaman Bilik: Penelitian di Kampung Kutamanis Desa Padaluyu Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur.

Nurullah, Ira Zachra (2017) Upaya Pemberdayaan Ekonomi masyarakat melalui kelompok Usaha bersama Motekar Pengrajin Anyaman Bilik: Penelitian di Kampung Kutamanis Desa Padaluyu Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (737kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah lemahnya perekonomian serta terdapat pengangguran di Kampung Kutamanis. Maka dilakukan pemberdayaan ekonomi melalui kelompok usaha bersama motekar. Maka peneliti merasa tertarik untuk meneliti lebih jauh upaya yang dilakukan untuk meningkatkan perekonomian dengan usaha kerajinan anyaman bilik melalui kelompok usaha bersama motekar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui kelompok usaha bersama motekar pengrajin anyaman bilik, yang ditinjau dari kegiatan-kegiatan pengolahan usaha kerajinan anyaman bilik, upaya kelompok usaha bersama motekar dalam meningkatkan usaha kerajinan anyaman bilik, dan hasil yang telah dicapai setelah membangun kerajinan anyaman bilik terhadap perekonomian masyarakat di Kampung Kutamanis. Kerangka pemikiran yang digunakan adalah teori pemberdayaan ekonomi oleh Gunawan Sumodiningrat (1999) yang mengatakan bahwa “pemberdayaan ekonomi secara ringkas mencakup perekonomian yang diselenggarakan oleh masyarakat, perubahan struktural dan peningkatan akses modal usaha, peningkatan akses pengembangan SDM, peningkatan akses sarana dan prasarana yang mendukung langsung sosial ekonomi masyarakat lokal.” Teori lain yang digunakan adalah teori kesejahteraan dari Edi Suharto (2014) yang mengatakan bahwa “kesejahteraan sosial mencakup kondisi kehidupan atau kesejahteraan, institusi dan aktivitas.” Jadi kaitannya teori dengan penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti adalah kelompok usaha bersama motekar melakukan pemberdayaan ekonomi untuk sejahtera. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi. Data masyarakat dalam penelitian 365 orang dan 10 orang anggota kelompok usaha bersama motekar. Hasil penelitian menunjukan pemberdayaan ekonomi melalui kelompok usaha bersama motekar membawa perubahan yang berdampak positif melalui kegiatan-kegiatan dalam proses produksi dan pemasaran, serta upaya-upaya untuk meningkatkan usaha dengan pengadaan pelatihan, pembinaan, pendampingan dan jaringan usaha. Serta hasil yang diperoleh bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat. Kesimpulan dalam penelitian ini merupakan kegiatan, upaya, dan hasil dari pemberdayaan ekonomi oleh kelompok usaha bersama motekar bisa meningkatkan perekonomian, mengurangi pengangguran, penyerapan tenaga kerja, terpenuhi kebutuhan hidup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi; Modal Usaha; SDM;
Subjects: Production, Industrial Economics > Entrepreneurs
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 19 Jul 2019 08:55
Last Modified: 19 Jul 2019 08:55
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21956

Actions (login required)

View Item View Item