Pengaruh modal kerja bersih dan total asset turnover terhadap laba bersih pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk periode 2008 - 2017

Fauziyah, Lina Nur (2019) Pengaruh modal kerja bersih dan total asset turnover terhadap laba bersih pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk periode 2008 - 2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_ cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_ daftar Isi.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_ bab 1.pdf

Download (715kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_ bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_ bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_ bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_ bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_ daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy

Abstract

Penelitiaan ini dilatarbelakangi oleh perkembangan pasar modal yang telah berkembang dengan pesat. Tingkat efisiensi perusahaan merupakan salah satu indikator penting dalam mendukung terciptanya laba perusahaan, investor akan tertarik untuk berinvestasi dengan besarnya laba yang dihasilkan. Dalam memperoleh laba dapat dilihat dari kemampuan perusahaan menggunakan modal secara produktif untuk membiayai kegiatan operasional perusahaan. Untuk mengetahui ukuran suatu perusahaan dapat digunakan analisis keuangan melalui Modal Kerja Bersih dan Total Asset Turnover untuk dapat dikaji lebih jauh seberapa besar pengaruhnya terhadap Laba Bersih. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Modal Kerja Bersih terhadap Laba Bersih secara parsial; untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Total Asset Turnover terhadap Laba Bersih secara parsial; dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Modal Kerja Bersih dan Total Asset Turnover terhadap Laba Bersih secara simultan PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah merujuk kepada beberapa hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa semakin tinggi nilai Modal Kerja Bersih dan Total Asset Turnover, maka semakin tinggi pula pengaruhnya terhadap Laba Bersih. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dianalisis regersi sederhana, analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji t serta dianalisis secara simultan dengan analisis regresi berganda, korelasi berganda, dan uji f. Didukung oleh SPSS For Windows Versi 20 dimana data yang digunakan adalah data laporan keuangan PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, periode 2008-2017. Hasil penelitian menyimpulkan, (1) perhitungan uji t menunjukkan besarnya thitung > ttabel (5,213 > 2,024) maka Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Modal Kerja Bersih terhadap Laba Bersih pada PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (2) perhitungan uji t menunjukkan besarnya thitung < ttabel (0,984 < 2,024) maka H0 diterima dan Ha ditolak, artinya Total Asset Turnover berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Laba Bersih pada PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (3) Berdasarkan uji F menunjukkan bahwa fhitung > ftabel (17,339 > 3,25) maka Ha diterima H0 ditolak, artinya Modal Kerja Bersih dan Total Asset Turnover berpengaruh positif dan signifikan terhadap Laba Bersih PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Modal Kerja Bersih; Total Asset Turnover; Laba Bersih;
Subjects: Accounting
Accounting > Advanced Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Lina Nur Fauziyah
Date Deposited: 22 Jul 2019 03:10
Last Modified: 22 Jul 2019 03:10
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22025

Actions (login required)

View Item View Item