Konversi tradisi dalam menghadapi Modernisasi: Penelitian terhadap masyarakat Bajau desa Kulambai Negeri Sabah, Malaysia

Fadzil, Mohd (2015) Konversi tradisi dalam menghadapi Modernisasi: Penelitian terhadap masyarakat Bajau desa Kulambai Negeri Sabah, Malaysia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)

Abstract

Malaysia adalah Negara yang dibangun atas kemajemukan, kemajemukan masyarakat Malaysia itu ditandai dengan adanya etnik atau suku bangsa lain yang mempunyai tradisi sendiri atau budaya yang berlaku dalam kehidupan suku bangsanya masing-masing. Kondisi masyarakat yang tidak lagi stabil karena tidak dapat menyesuaikan hidup sesuai dengan kebutuhan kehidupan masing-masing. Proses konversi dalam menyesuaikan hidup sesuai dengan jaman sekarang seringkali menghambat norma kehidupan yang awal (kehidupan tradisional). Hubungan dengan budaya luar pada era modern ini mendorong perubahan-perubahan dalam kehidupan masyrakat. Konversi ini juga terjadi terhadap masyarakat desa Kulambai Kota Belud, Sabah. Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui bagaiman proses konversi tradisi yang dihadapi masyarakat Bajau, dan bagaimana dampak dari modernisasi terhadap kehidupan beragama masyarakat Bajau desa Kulambai Kota Belud, Sabah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang bertujuan untuk melukiskan dan menjelaskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu atau bidang tertentu secara faktual dan cermat. Darpada hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa masyarakat Bajau desa Kulambai bersaing dengan arus modernisasi yang semkain meluas, konversi tradisi yang dialami meninggalkan bekas terhadap kearifan tradisi yang diwarisi telah lama, dari konversi tersebut sekaligus memberi dampak kepada kehidupan masyarakat Bajau desa Kulamba baik itu memberikan kemajuan atau kemunduran terhadap tradisi masyarakat Bajau desa Kulambai. Adanya penerimaan secara total, penolakan da nada yang dapat diterima oleh masyarakat desa Kulambai atas alasan sesuai dengan kebutuhan saat ini. Dengan demikian dapat dapat ditarik kesimpulan bahwa modernisai membawa perubahan kepada tradisi kehidupan masyarakat Bajau desa Kulambai, sehingga sekarang ada tradisi yang telah hilang dan ada yang masih dilakukan, factor-faktor konversi tradisi yang dominan adalah agama da ekonomi, sedangkan factor kemajuan teknologi, pendidikan, hanya berpengaruh kepada sebagian masyarakat yang relatif muda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Negra; Etnik; Budaya;
Subjects: Islam > Islam and Other Belief
Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Perbandingan Agama
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 22 Jul 2019 06:38
Last Modified: 22 Jul 2019 06:38
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22046

Actions (login required)

View Item View Item