Hubungan antara Persepsi terhadap dukungan sosial orang tua dengan Self-Regulated Learning siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap I Haurgeulis Kabupaten Indramayu

Handayani, Rima Sri (2017) Hubungan antara Persepsi terhadap dukungan sosial orang tua dengan Self-Regulated Learning siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap I Haurgeulis Kabupaten Indramayu. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari penemuan peneliti mengenai siswa SMPN Satu Atap I Haurgeulis yang memiliki prestasi yang rendah. Berprestasi merupakan tujuan setiap siswa, salah satu yang menentukan prestasi adalah motivasi misalnya motivasi dari orang tua, dengan adanya dukungan dari orang tua, siswa akan belajar lebih keras, ulet, tekun, dan memiliki konsentrasi penuh dalam mengatur kegiatan belajar. Mengatur kegiatan belajar (self-regulated learning) adalah memunculkan dan memonitor sendiri pikiran, perasaan dan perilaku untuk mencapai suatu tujuan. Untuk memunculkan sendiri pikiran, perasaan, dan perilaku dibutuhkan bimbingan dan dukungan sosial salah satunya dari orang tua agar mampu mencapai tujuan belajarnya. Dukungan sosial adalah suatu kesenangan yang dirasakan sebagai perhatian, penghargaan dan pertolongan yang diterima dari orang lain atau suatu kelompok. Untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap dukungan sosial orang tua dengan self regulated learning. Peneliti melakukan riset pada populasi siswa kelas VIII SMPN Satu Atap I Haurgeulis yang berjumlah 80 orang dengan rentang usia 1214 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Peneliti menggunakan teknik stratified random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan dua skala, yaitu Skala Dukungan Sosial Orang Tua (25 item) dan Skala Self-regulated Learning (29 item). Berdasarkan hasil penelitian, dengan hasil koefisien korelasi (rxy) sebesar 0.489 pengolahan data, dapat disimpulkan bahwa sebanyak p=0.247 (p<0,05), artinya hipotesis yang menyatakan adanya hubungan positif dukungan sosial orang tua dengan self-regulated learning dapat diterima, semakin tinggi dukungan sosial orang tua maka semakin tinggi pula self-regulated learning siswa. Sumbangan efektif dukungan sosial orang tua dengan self-regulated learning pada siswa kelas VIII SMPN Satu Atap I Haurgeulis sebesar 24 %, artinya dukungan sosial orang tua berpengaruh sebanyak 24% untuk meningkatkan self-regulated learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dukungan sosial; Self-Regulated Learning;
Subjects: Psychology > Philosophy and Theory of Psychology
Psychology > Organization and Management of Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 22 Jul 2019 03:48
Last Modified: 22 Jul 2019 03:48
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22048

Actions (login required)

View Item View Item