Hubungan latar belakang pendidikan orang tua dengan perhatian mereka terhadap pendidikan agama anaknya: Penelitian di Kampung Sadang Salam Desa Karanganyar Kecamatan Leuwigoong Kabupaten Garut

Alifia, Lalita Nur (2019) Hubungan latar belakang pendidikan orang tua dengan perhatian mereka terhadap pendidikan agama anaknya: Penelitian di Kampung Sadang Salam Desa Karanganyar Kecamatan Leuwigoong Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang ada di Kampung Sadang Salam Desa Karanganyar Garut. Yang mana latar belakang yang ada di Kampung Sadang Salam kebanyakan yang berpendidikan rendah dan kurang akan pendidikan keagamaan di masyarakatnya akan tetapi perhatian mereka terhadap anaknya tinggi, hal ini bisa dilihat dari anak-anak mereka yang rajin mengaji di madrasah dan pendidikan anak-anaknya pun melebihi pendidikan orang tuanya. Hal tersebut menggambarkan bahwa tidak semua yang berpendidikan rendah akan berpengaruh juga terhadap perhatian mereka terhadap pendidikan agama anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) realitas latar belakang pendidikan orang tua siswa.(2) realitas perhatian orang tua terhadap pendidikan agama anaknya.(3) realitas hubungan latar belakang pendidikan orang tua dengan perhatian mereka terhadap pendidikan agama anaknya. Penelitian ini bertolak dari kajian teoritis bahwa perhatian orang tua dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan orang tua, artinya latar belakang pendidikan berpengaruh terhadap perhatian orang tua terhadap pendidikan agama anaknya. inilah yang diajukan sebagai hipotesis, semakin baik latar belakang pendidikan orang tua diduga semakin baik pula perhatian mereka terhadap anaknya. dengan demikian sebaliknya semakin rendah latar belakang pendidikan orang tua maka semakin buruk perhatian orang tua terhadap anaknya. Untuk mengetahui asumsi tersebut, kedua variabel yang terlibat dalam penelitian ini terlebih dahulu harus ditentukan. Pendalaman variabel latar belakang pendidikan orang tua sebagai variabel independen dan perhatian orang tua sebagai variabel dependen. Untuk membuktikan hipotesis tersebut digunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, studi kepustakaan dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang tua. Teknik pengolahan data dilakukan dengan mencari mean, modus, standar deviasi, uji normalitas, dan uji korelasi. Berdasarkan analisis kuantitatif diperoleh bahwa (1) latar belakang pendidikan orang tua termasuk kualifikasi cukup, hal ini terbukti dari hasil perolehan variabel X 3,29 ,(2) perhatian orang tua terhadap pendidikan agama anaknya termasuk kategori baik dengan hasil 4,08, dan (3) hubungan latar belaknag pendidikan orang tua dengan perhatian mereka terhadap pendidikan agama anaknya diperoleh koefisien korelasi 0,69. Angka tersebut berada pada rentang interval 0,60 - 0,80 dengan korelasi tinggi. Derajat pengaruh variabel X (latar belakang pendidikan orang tua) terhadap variabel Y (perhatian orang tua terhadap pendidikan agama anaknya) sebesar 49%, berarti masih terdapat 51% lagi faktor lain yang mempengaruhi perhatian orang tua terhadap pendidikan agama anaknya. hal ini terbukti bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Latar Belakang Pendidikan; Perhatian Orang Tua; Pendidikan Agama Anaknya;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalita Nur Alifia
Date Deposited: 25 Jul 2019 06:19
Last Modified: 25 Jul 2019 06:19
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22135

Actions (login required)

View Item View Item