Perubahan perilaku anak penonton Sinetron Anak Langit: Studi kasus di Rukun Warga 03 Kelurahan Kartini Kecamatan Sawah Besar Kota Jakarta Pusat

Banua, Rochani (2019) Perubahan perilaku anak penonton Sinetron Anak Langit: Studi kasus di Rukun Warga 03 Kelurahan Kartini Kecamatan Sawah Besar Kota Jakarta Pusat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang terbentuknya perubahan perilaku pada anak penonton sinetron anak langit dikarenakan adanya stimulus yang di berikan dari media berupa adegan dan perilaku yang ditampilkan kepada penonton sinetron anak langit, karena pada dasarnya anak-anak mudah meniru dan mencontohkan apa yang mereka lihat, bila mana orang tua mengabaikan perilaku ini maka terciptalah perubahan perilaku anak mereka menjadi meniru adegan yang ada di dalam sinetron anak langit yang rata-rata menampilkan adegan kekerasan yang seharusnya tidak dipraktikan oleh anak-anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola perilaku anak penonton sinetron anak langit di rukun warga 03 kelurahan kartini kecamatan sawah besar, untuk mengetahui adakah perubahan perilaku pada anak di rukun warga 03 kelurahan kartini kecamatan sawah besar dan untuk mengetahui latar belakang perubahan perilaku anak di kelurahan kartini kecamatan sawah besar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Perubahan Perilaku S-O-R dari Carll Hofland yang didalamnya melihat perubahan prilaku terjadi ketika stimulus dalam sebuah sinetron masuk kedalam diri seseorang atau organisme yang kemudian menghasilkan sebuah respon yang di rasakan oleh masyarakat sekitar dan keluarga dari anak atau organisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data ini di hasilkan dari pengumpulan data primer dengan anak-anak penonton sinetron anak langit dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu, di lengkapi data skunder berupa referensi buku yang relefan dengan tema penelitian. Data tersebut dianalisis dengan reduksi data, yaitu merangkum dan mengambil data pokok, setelah itu di display data yaitu penyajian data dan terakhir penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun tempat penelitian di Rukun Warga 03, Kelurahan Kartini, Kecamatan Sawah Besar Kota Jakarta Pusat. Hasil penelitian menujukan bahwa pertama, pola perilaku anak penonton anak langit bersifat positif pada awalnya tetapi semenjak mereka nonton sinetron anak langit diakui ada beberapa dampak negatif berupa peniruan perilaku actor dan memperaktikan perilaku tersebut kedalam lingkungan pertemanan mereka. Kedua, Perubahan perilaku anak penonton sinetron anak langit dapat dilihat berupa tawuran antar kelompok dan daerah, penampilan keseharian dan ucapan kepada teman sesama seperti kata-kata yang disingkat, dan perubahan lainnya. Ketiga, latar belakang perubahan perilaku anak penonton sinetron anak langit adalah media yaitu sinetron anak langit itu sendiri, yang kemudian di dukung oleh lingkungan sekitar dan di dukung juga pengawasan orang tua itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: POLA PERILAKU;PERUBAHAN PERILAKU;PENONTON SINETRON ANAK LANGIT
Subjects: Culture and Institutions
Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rochani Banua
Date Deposited: 24 Jul 2019 07:51
Last Modified: 25 Jul 2019 00:54
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22143

Actions (login required)

View Item View Item