Putusan No.06/Pid.B/2016/PN.Luwuk Banggai tentang sanksi tindak Pidana Pembunuhan yang dilakukan oleh ketua Adat perspektif hukum Pidana Islam

Nuriyani, Nuriyani (2019) Putusan No.06/Pid.B/2016/PN.Luwuk Banggai tentang sanksi tindak Pidana Pembunuhan yang dilakukan oleh ketua Adat perspektif hukum Pidana Islam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy

Abstract

Kasus pembunuhan merupakan suatu perbuatan jahat yang cukup mendapat perhatian di kalangan masyarakat. Dalam Putusan No 06/Pid.B /2016/PN. Luwuk terdapat kasus pembunuhan yang dilakukan oleh Ketua Adat, sebab ia membunuh karena menjatuhkan sanksi kepada pelaku zina sesuai dengan hukum adat yang berlaku di Suku Terasing atau Suku Loinang. Walaupun hukum adat diakui, hakim tetap menjatuhkan sanksi terhadap ketua adat dengan penjara selama empat tahun. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pertimbangan hukum hakim dalam Putusan No. 06/Pid.B/2016/ PN Luwuk Banggai terhadap pelaku tindak pidana pembunuhan yang dilakukan oleh ketua adat. Untuk mengetahui sanksi tindak pidana pembunuhan yang dilakukan oleh ketua adat perspektif Hukum Pidana Islam. Untuk mengetahui relevansi Putusan No. 06/Pid.B/2016/ PN Luwuk Banggai dan Hukum Pidana Islam tentang sanksi tindak pidana pembunuhan yang dilakukan oleh ketua adat. Teori yang digunakan adalah teori pemidanaan yang antara lain teori pembalasan/absolut, teori tujuan/relatif dan teori gabungan, serta kaidah-kaidah hukum dalam hukum pidana Islam yang menjadi dasar dalam menyelesaikan permasalahan dalam penelitian ini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik atau penelitian kepustakaan, dengan sifat penelitian normatif, sumber data yang digunakan adalah data primer yang merupakan berkas putusan dan sumber data sekunder yang berupa buku-buku penunjang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pertimbangan hukum yang dijatuhkan terhadap terdakwa, dalam putusan Pengadilan Negeri Luwuk No 06/Pid.B /2016/PN. Luwuk majelis hakim mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan serta meringankan terdakwa, sehingga hukuman yang diterima terdakwa kurang dari hukuman maksimal penjara yaitu dua puluh tahun, dan hakim menjatuhkan hukuman penjara empat tahun. (2) sanksi bagi tindak pidana pembunuhan yang dilakukan oleh ketua adat menurut hukum pidana Islam yaitu dengan sanksi diat yang merupakan hukuman pokok dalam pembunuhan tidak disengaja/ karena kekeliruan.(3) Dalam penjatuhan sanksi dalam Hukum positif dan Hukum Pidana Islam tidak relevan, dalam hukum positif sanksi tindak pidana pembunuhan yaitu dengan di penjara dan dalam hukum pidana Islam yaitu diat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: sanksi;pembunuhan;ketua adat;hukum pidana Islam
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Pidana Islam, Jinayat
Criminology > Murder
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Pidana Islam
Depositing User: Nuri Yani RDM
Date Deposited: 25 Jul 2019 01:33
Last Modified: 25 Jul 2019 01:33
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22159

Actions (login required)

View Item View Item