Teori Maslahah Asy-Syathibi relevansinya dengan Undang-Undang No. 1 tahun 1974 Pasal 2 Dan KHI Pasal 53 tentang Kawin Wanita Hamil

Komaruzaman, Maman (2019) Teori Maslahah Asy-Syathibi relevansinya dengan Undang-Undang No. 1 tahun 1974 Pasal 2 Dan KHI Pasal 53 tentang Kawin Wanita Hamil. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover(2).pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy

Abstract

Kawin hamil saat ini telah menjadi sorotan yang nyata dalam bidang hukum perkawinan karena dengan begitu banyaknya kasus kehamilan yang terjadi di luar pernikahan. Aturan kawin hamil tertuang dalam Pasal 53 KHI dan secara implisit juga di sahkan berdasarkan Pasal 2 UU No. 1 Tahun 1974. Aturan hukum kawin hamil ini ternyata malah membuat anggapan buruk bagi sebagian orang yang menganggap bahwa aturan ini sebagai legalisasi perzinaan. Dalam hal ini bukan hanya menerangkan sah atau tidaknya perkawinan wanita hamil ini melainkan yang juga mesti diperhatikan apa sebenarnya yang menjadi pertimbangan hukum munculnya aturan kawin hamil ini. Tentu ini dapat diketahui dengan menggunakan jalan analisis dengan pendekatan teori maslahah Imam Asy-Syathibi sebagaimana beliau berkata bahwa “tujuan utama Allah menetapkan hukum-hukum-Nya adalah untuk mewujudkan kemaslahatan hidup manusia baik di dunia maupun di akhirat” dengan mempertimbangkan tiga unsur tingkatan kemaslahatan yakni: dlaruriyat, hajiyyat dan tahsiniyyat, juga kemaslahatan yang ada harus bersifat kulliyah artinya universal (umum). Dengan pendekatan teori maslahah Imam Asy-Syathibi ini diharapkan adanya korelasi antara dalil yang digunakan dengan aturan kawin hamil yang di uraikan. Tujuan dari penelitian ini antara lain: (1) Menjelaskan aturan hukum yang terdapat dalam UU No. 1 Tahun 1974 pasal 2 dan KHI pasal 53. (2) Menganalisis perkawinan wanita hamil karena zina dalam UU No. 1 Tahun 1974 pasal 2 dan KHI pasal 53 dengan tinjauan teori Maslahah Imam Asy-Syathibi. (3) Menimbang maslahah ‘ammah dan khassah dari aturan kawin wanita hamil. Kerangka pemikiran di urutkan berdasarkan uaraian (1) kawin hamil, (2) Al-Qur’an Surah An-Nur ayat 3, (3) Pendapat para Imam Madzhab, (Pasal 53 KHI dan Pasal 2 UU No. 1 Tahun 1974, (4) maslahah ‘ammah dan khassah, (5) Tujuan perkawinan. Penelitian ini termasuk pada penelitian kepustakaan (Library Research) dengan jenis data kualitatif dan menggunakan metode analisis isi Pasal 53 dalam KHI dan Pasal 2 UU No. 1 Tahun 1974 yang kemudian digali landasan hukumnya baik melalui pendekatan perbandingan pendapat Imam Madzhab dan pendekatan teori maslahah Imam Asy-Syathibi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aturan kawin hamil dalam Pasal 53 KHI maupun Pasal 2 UU No. 1 Tahun 1974 membolehkan dan menganggap sah kawin wanita hamil karena zina berdasarkan analisis maslahah Imam Asy-Syathibi. (1) Kebolehan itu didasari dengan pertimbangan kemaslahatan bagi wanita hamil dan anak yang dikandung dalam upaya hifdz al-nasl (memlihara keturunan) (2) upaya memutus perzinaan dengan jalan Sadd al-dhari’ah dan urf (adat) kebiasaan masyarakat apabila ada wanita hamil di luar pernikahan maka kebiasaan menikahkan wanita hamil itu sudah menjadi sebuah hukum (3) upaya mengurangi beban psikologis bagi anak dan wanita hamil dalam pergaulan di masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Maslahah; Kawin Hamil
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Perbandingan Madzhab dan Hukum
Depositing User: Maman Komaruzaman
Date Deposited: 25 Jul 2019 01:27
Last Modified: 25 Jul 2019 01:27
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22160

Actions (login required)

View Item View Item