Pengaruh konsep diri terhadap keputusan rencana karir mahasiswa: Studi deskriptif terhadap mahasiswa bimbingan dan konseling Islam semester VI di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Juwita, Ita (2013) Pengaruh konsep diri terhadap keputusan rencana karir mahasiswa: Studi deskriptif terhadap mahasiswa bimbingan dan konseling Islam semester VI di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)

Abstract

Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam dihadapkan pada berbagai ranah karir yang ada di Jurusan. Dari fenomena yang ada, banyak dari mereka merasa kebingungan dalam memutuskan rencana pilihan karir yang ada bahkan memilih karir yang ada di luar ranah jurusan pun ditemukan. Konsep diri seseorang erat hubungannya dengan gambaran dirinya, citra dirinya, penerimaan dan harga dirinya, penilaian dan karya dirinya. Sehingga cara pandang individu terhadap dirinya akan membentuk suatu konsep tentang diri sendiri. Konsep tentang diri merupakan hal yang penting bagi kehidupan individu karena konsep diri menentukan bagaimana individu bertindak dalam berbagai situasi salah satu dalam memutuskan pilihan karir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri yang dimiliki dan keputusan rencana karir yang dipilih mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam semester VI. Penelitian ini bertitik tolak pada pemikiran Super bahwa konsep diri memegang peranan penting dalam memutuskan rencana pilihan karirnya di masa depan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa konsep diri merupakan kunci keberhasilan dalam memilih karir. Begitu pula pada mahasiswa semester VI ini jika didasarkan pada rentang usia antara 20-24 berada pada tahap implementasi dalam tahapan karir. Dengan didorong konsep diri yang baik maka seharusnya mahasiswa mampu memutuskan karir pilihannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi dengan maksud dapat menggambarkan secara sistematis fakta atau fenomena mengenai pengaruh konsep diri terhadap keputusan rencana karir mahasiswa Bimbingan dan Penyuluhan Islam semester VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan wawancara terstandar, dari 15 mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam semester VI 9 orang (60%) memiliki konsep diri positif dan mampu memutuskan rencana pilihan karirnya. Sedangkan 6 mahasiswa (40%) lainnya memiliki konsep diri negatif kurang mampu memutuskan rencana pilihan karirnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konsep diri berpengaruh terhadap keputusan rencana karir yang dipilih setiap individu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: konseling; konsep diri; rencana karir;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Higher Education, Universities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 24 Jul 2019 01:22
Last Modified: 28 Aug 2019 01:59
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22177

Actions (login required)

View Item View Item