Bimbingan sosial bagi lanjut usia: Studi deskriptif di Komunitas Nasi Bekal untuk lansia (SIBULAN) Kecamatan Sukajadi Kota Bandung

Adawiyah, Vina (2019) Bimbingan sosial bagi lanjut usia: Studi deskriptif di Komunitas Nasi Bekal untuk lansia (SIBULAN) Kecamatan Sukajadi Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (357kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari adanya berbagai persoalan yang terjadi pada masa lanjut usia. Persoalan lanjut usia tidak hanya mengalami kemunduran dalam hal fisik akan tetapi mengalami kemunduran dalam aktifitas sosial. Peran bimbingan sosial diperlukan sebagai upaya untuk meningkatkan kembali fungsi sosial yang dimiliki oleh lansia. Seperti berinteraksi dengan lingkungan, mendapatkan hak untuk diperhatikan, mengenali diri sendiri dan merasakan kesejahteraan. Kemudian sebuah komunitas di Sukajadi cq Komunitas Nasi Bekal untuk Lansia (SIBULAN) merespon persoalan tersebut dengan mengadakan berbagai kegiatan Bimbingan Sosial seperti Sibulan, Home Care, Rihlah lanisa, posbindu dalam upaya memberikan kesejahteraan bagi lansia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kondisi lansia yang diharapkan oleh komunitas Sibulan Kecamatan Sukajdi Kota Bandung, mengetahui proses layanan bimbingan sosial dan mengetahui fakor pendukung dan penghambat dalam proses bimbingan sosial pada lansia oleh Komunitas Sibulan Kecamatan Sukajdi Kota Bandung. Penelitian ini bertolak dari kajian pemikiran bahwa lanjut usia merupakan usia kritis, mengingat kemampuan fisik semakin menurun, ruang gerak semakin terbatas, interaksi sosial berkurang, maka diperlukan upaya bimbingan sosial sehingga lansia bisa kembali semangat dalam menjalani kehidupannya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian mengungkap bahwa kegiatan bimbingan sosial yang dilaksanakan melalui metode bimbingan individu dapat memberikan rasa bahagia pada lansia, selain itu lansia dapat berinteraksi baik dengan pembimbing dan masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan semangat lansia dalam mengikuti kegiatan kegiatan Komunitas Sibulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Sosial; Lanjut Usia; Komunitas Sibulan;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Vina Adawiyah
Date Deposited: 26 Jul 2019 08:26
Last Modified: 26 Jul 2019 08:26
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22178

Actions (login required)

View Item View Item