Pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap keterampilan berpikir kritis (KBKr) siswa pada materi virus : penelitian pada siswa kelas X MA Ar-Rosyidiyah Kota Bandung

Fauzi, Achmad (2015) Pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap keterampilan berpikir kritis (KBKr) siswa pada materi virus : penelitian pada siswa kelas X MA Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (592kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)

Abstract

Pentingnya peranan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran disebabkan karena banyak siswa mengalami penurunan dalam hasil belajar terutama dalam hal pemecahan masalah. Dalam proses pembelajaran mata pelajaran biologi khususnya materi virus memerlukan suatu model pembelajaran yang melatih kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan dengan benar. Salah satu model pembelajaran yang tepat dan mendukung hal tersebut yaitu model Cooperative Script. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran,peningkatan KBKr siswa dan pengaruh model Cooperative Script serta respon siswa terhadap pembelajaran model Cooperative Script dan tanpa menggunakan model Cooperative Script. Metode penelitiannya adalah Quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group pretest-posttest. Teknik pengambilan sampelnya adalah sampling purposive, dan dipilihlah kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Adapun instrumen yang digunakan adalah tes uraian KBKr dan data penunjang berupa lembar observasi dan angket. Data dianalisis melalui statistik parametris dengan menggunakan uji t. Keterlaksanaan proses pembelajaran pada kelas yang menggunakan model Cooperative Script rata-rata 91,66% (sangat baik), sedangkan keterlaksanaan proses pembelajaran pada kelas tanpa menggunakan model Cooperative Script rata-rata 95,86% (sangat baik). Hasil penelitian menunjukan bahwa KBKr dengan model Cooperative Script diperoleh rata-rata tes awal sebesar 56,50 (rendah), tes akhir sebesar 76,76 (baik), N-Gain sebesar 0,46 (sedang). Nilai N-Gain tertinggi terdapat pada sub indikator membuat ringkasan, yaitu 0,83 (sangat baik). Hasil uji t pada N-Gain kelas eksperimen diperoleh nilai thitung 3,27 >ttabel 2,00 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hipotesis penelitian adalah Ha diterima dan H0 ditolak. Respon siswa pada kelas yang menggunakan model Cooperative Script rata-rata 3,53(tinggi), sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran tanpa menggunakan model Cooperative Script rata-rata 3,25(sedang). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Script berpengaruh positif terhadap KBKr siswa pada materi virus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berpikir kritis; virus; biologi; model pembelajaran
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 24 Jul 2019 02:44
Last Modified: 07 Feb 2020 07:20
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22182

Actions (login required)

View Item View Item