Pengaruh Retrun On Asset (ROA) terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks Saham Syariah Indonesia (JII): Studi di PT. Antam Tbk. Periode 2006-2015

Zuama, Maula (2018) Pengaruh Retrun On Asset (ROA) terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks Saham Syariah Indonesia (JII): Studi di PT. Antam Tbk. Periode 2006-2015. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstak.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (930kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1pdf.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy

Abstract

Pasar modal merupakan sarana efektif dalam memperoleh dana yang digunakan untuk pembiayaan investasi melalui mekanisme pengumpulan dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana tersebut kedalam sektor-sektor yang produktif. Saham menjadi salah satu alternatif investasi di pasar modal yang banyak dipilih oleh para investor karena keuntungan yang diperoleh lebih besar dan dana yang dibutuhkan oleh investor untuk melakukan investasi tidak terlalu besar apabila dibandingkan dengan obligasi. Dalam melakukan investasi, para investor cenderung lebih memperhatikan profitabilitas suatu perusahaan, maka salah satu alat yang diukur yaitu Return On Asset (ROA), semakin banyak investor yang menanamkan dananya maka akan semakin meningkatkan harga saham perusahaan. Namun hal tersebut tidak sesuai dengan kondisi di lapangan pada PT. Antam Tbk. Berdasarkan penjelasan di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh Pengaruh Retrun On Asset (ROA) terhadap Harga Saham pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) (Studi di PT. Antam Tbk. Periode 2006-2015). Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif yaitu dengan menggunakan analisis regresi sederhana, dengan satu variabel terikat yaitu Harga Saham dan satu variabel bebas yaitu Return On Asset (ROA). Berdasarkan perhitungan menggunakan SPSS 16.0 dan perhitungan manual yang dilakukan. Penelitian ini memberikan hasil bahwa Return On Asset (ROA) memiliki hubungan positif dengan persamaan Harga Saham = 699,671 + 6209,345 On Asset, dimana ketika Return On Asset (X) mengalami perubahan sebesar 1 (satu satuan), maka Harga Saham (Y) akan berubah sebesar 699,671, kemudian memilik hubungan yang kuat dengan korelasi 0,782 dan memiliki kontribusi sebesar 61,14% kepada Harga Saham dengan menggunakan analisis Koefisien Determinasi atau R Square (R²) sedangkan sisanya 39,86% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Pengujian menggunakan Uji t dengan hasil menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau 3,5475 > 2,30600 maka Ha diterima tolak Ho yang artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Return On Asset (X) dan Harga Saham (Y) PT Antam Tbk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Return On Asset (ROA); Harga Saham;
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: maulazuama maulazuama
Date Deposited: 25 Jul 2019 03:12
Last Modified: 25 Jul 2019 03:12
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22186

Actions (login required)

View Item View Item