Pengaruh penerapan Literasi terhadap hasil belajar Kognitif siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Karya Budi Cileunyi Kab. Bandung

sidik, fuji nujul firman (2019) Pengaruh penerapan Literasi terhadap hasil belajar Kognitif siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Karya Budi Cileunyi Kab. Bandung. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (439kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang telah peneliti lakukan di kelas 8 SMP Karya Budi Bandung melalui wawancara kepada siswa dan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, diperoleh informasi bahwa literasi merupakan suatu metode untuk melatih siswa berfikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif dalam mengolah berbagai informasi. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil wawancara respon siswa terhadap literasi sangat tinggi, fenomena ini terlihat dari antusias siswa dan keaktifannya mengikuti pembelajaran di kelas. Namun pada sisi lain fenomena tersebut bertolak belakang dengan hasil belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan literasi, realitas hasil belajar kognitif siswa serta peningkatan hasil belajar kognitif siswa di kelas VIII B (kelas eksperimen) dan kelas VIII C (kelas kontrol). Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dapat ditingkatkan melalui berbagai metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Salah satunya adalah penerapan metode literasi. Metode literasi mengarahkan seseorang lebih terampil mengolah informasi. Dengan demikian hipotesis yang diajukan, semakin baik penerapan literasi maka hasil belajar kognitif siswa akan meningkat. Begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan studi Quasi eksperimen desain nonequivalent control group design dengan popolasi berjumlah 160 orang sedangkan sampel berjumlah 58 orang terdiri dari 29 siswa pada kelas eksperimen, dan 29 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, angket, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis datanya dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Penerapan literasi dalam pembelajaran PAI berkategori tinggi karena diperoleh nilai rata-rata sebesar (4,13). Nilai tersebut berkategori tinggi karena berada paa interval 3,40-4,19. 2). Perolehan nilai hasil belajar kognitif siswa yang dilakukan di kelas yang mendapatkan perlakuan literasi didapatkan hasil rata-rata pretest sebesar 47,60 dan rata-rata postest sebesar 82,02 dengan N-gain 0,70. Hasil tersebut berkategori tinggi. Kemudian di kelas yang tidak mendapatkan perlakuan didapatkan rata-rata pretest sebesar 39,09 dan rata-rata post-test sebesar 75,98 dengan N-Gain 0,50 maka termasuk kategori sedang. 3). Pengaruh penerapan literasi terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam didapatkan hasil hipotesis dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan hasil t_(hitung ) 2,69 > t_tabel=2,003 H_o diterima dan H_1 ditolak yang berarti bahwa literasi berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Sementara itu perhitungan besar kecilnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y, pengaruh penerapan literasi terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI, besar pengaruhnya tersebut adalah 10%. Angka tersebut menyatakan bahwa masih ada faktor lain sebesar 90% yang mempengaruhi hasil belajar kognitif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: watermark salah
Uncontrolled Keywords: Literasi;Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Education > Psychology of Education
Education > Miscellany of Education
Education > General Publications of Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuji Nujul Firman
Date Deposited: 25 Jul 2019 06:59
Last Modified: 25 Jul 2019 06:59
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22197

Actions (login required)

View Item View Item