Pengaruh arus kas operasi dan laba bersih terhadap dividen kas pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index JII: Studi di PT. Kalbe Farma Tbk. Periode 2008-2017

Awaliyah, Lia (2019) Pengaruh arus kas operasi dan laba bersih terhadap dividen kas pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index JII: Studi di PT. Kalbe Farma Tbk. Periode 2008-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (663kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu tolak ukur keberhasilan suatu perusahaan adalah tingkat pengembalian Dividen kepada para pemegang saham. Salah satu sumber perolehan Dividen terbesar berasal dari peroleh Laba Bersih perusahaan dan Arus Kas dari aktivitas operasi. Permasalahan muncul ketika perolehan Arus Kas Operasi dan Laba yang tinggi tidak diikuti dengan tingginya pembagian Dividen kepada para pemegang saham, seperti pada PT. Kalbe Farma Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Arus Kas Operasi secara parsial terhadap Dividen Kas pada PT. Kalbe Farma Tbk; untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Laba Bersih secara parsial terhadap Dividen Kas pada PT. Kalbe Farma Tbk; dan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Arus Kas Operasi dan Laba Bersih terhadap Dividen Kas pada PT. Kalbe Farma Tbk. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada beberapa pendapat ahli keuangan dan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa semakin tinggi perolehan Arus Kas Operasi dan Laba Bersih, maka semakin tinggi pula pengaruhnya terhadap Dividen Kas. Adapun variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Arus Kas Operasi dan Laba Bersih sebagai variabel independen, dan Dividen Kas sebagai variabel dependen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder berupa Laporan Keuangan PT. Kalbe Farma Tbk. periode 2008-2017 yang di akses dari halaman website resmi yang disediakan oleh PT. Kalbe Farma Tbk. Melalui penelitian ini diperoleh kesimpulan: (1) Secara parsial Arus Kas Operasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Dividen Kas. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh nilai Koefisien Determinasi Arus Kas Operasi sebesar 27,3% yang menunjukkan bahwa Arus Kas Operasi memberikan kontribusi sebesar 27,3% terhadap Dividen Kas. (2) Secara parsial Laba Bersih berpengaruh positif dan signifikan terhadap Dividen Kas. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh nilai Koefisien Determinasi Laba Bersih sebesar 85,2% yang menunjukkan bahwa Laba Bersih memberikan kontribusi sebesar 85,2% terhadap Dividen Kas. (3) Secara simultan Arus Kas Operasi dan Laba Bersih berpengaruh positif dan signifikan terhadap Dividen Kas. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh nilai Koefisien Determinasi Arus Kas Operasi dan Laba Bersih sebesar 88,8% yang menunjukkan bahwa Arus Kas Operasi dan Laba Bersih memberikan kontribusi sebesar 88,8% terhadap Dividen Kas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Arus Kas Operasi; Laba Bersih; Dividen Kas
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Lia Awaliyah Rohyani
Date Deposited: 29 Jan 2020 03:19
Last Modified: 29 Jan 2020 03:19
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22230

Actions (login required)

View Item View Item