Pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) untuk meningkakan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi kalor

El Rachman, Rifelda Fanka (2015) Pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) untuk meningkakan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi kalor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, kemampuan pemecahan masalah (KPM) siswa perlu ditingkatkan di MTs Darul Ulum PUI Talaga. Untuk mengatasinya yaitu dengan menerapkan Pendekatan CRA, yaitu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan KPM siswa melalui perwakilan benda-benda kongkrit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Keterlaksanaan pembelajaran fisika dengan Pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) pada materi kalor dan peningkatan KPM siswa dengan menggunakan pendekatan CRA pada materi kalor setelah melakukan pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Darul Ulum PUI Talaga yang berjumlah tiga kelas, sementara sampelnya adalah kelas VII-B sebanyak 20 orang siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Data hasil keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan CRA diperoleh menggunakan lembar observasi, sedangkan data peningkatan KPM siswa diperoleh melalui tes soal esai sebanyak lima soal. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukan aktivitas guru dan siswa menggunakan pendekatan CRA mengalami peningkatan dengan rata-rata aktivitas guru sebesar 81,37% dengan kategori sangat baik dan aktivitas siswa sebesar 77,15% dengan kategori baik. Terdapat peningkatan KPM siswa pada materi kalor dengan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,71 yang berkategori tinggi. Hasil uji normalitas menunjukkan data pretest dan posttest berdistribusi normal, maka untuk uji hipotesis menggunakan uji t. Diperoleh hasil Z_hitung (25,58 )>Z_tabel (1,73) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat peningkatkan KPM siswa dengan mengunakan pendekatan CRA pada materi kalor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kalor; fisika; Concrete Representational Abstract; pemecahan masalah
Subjects: Knowledge
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Heat > Theories of Heat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 25 Jul 2019 04:20
Last Modified: 25 Jul 2019 04:20
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22241

Actions (login required)

View Item View Item