Respon siswa terhadap penanaman nilai-nilai karakter dalam keluarga hubungannya dengan akhlak mereka sehari-hari di sekolah: Penelitian terhadap Siswa Kelas VIII di SMPN 17 Bandung

Azkia, Alfan (2019) Respon siswa terhadap penanaman nilai-nilai karakter dalam keluarga hubungannya dengan akhlak mereka sehari-hari di sekolah: Penelitian terhadap Siswa Kelas VIII di SMPN 17 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pada era sekarang ini penanaman nilai-nilai karakter dalam keluarga menjadi perhatian yang sangat besar dalam mewujudkan sebuah keluarga khususnya seorang anak yang memiliki akhlak yang baik. Upaya penanaman nilai-nilai karakter dalam keluarga realitanya menjadi sebuah langkah awal dalam pembentukan kepribadian seorang anak menuju lebih baik karena keluarga khusunya ibu merupakan lembaga pendidikan yang pertama kali memberikan pengajaran kepada anak-anak mereka. Mayoritas orangtua yang menyekolahkan anak mereka di SMPN 17 Bandung ialah bergama Islam, tapi realitanya masih saja terdapat siswa yang memiliki akhlak kurang baik dan tidak sesuai dengan ketentuan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti respon siswa terhadap penanaman nilai-nilai karakter dalam keluarga, bagaimana sebenarnya akhlak siswa sehari-hari di sekolah, serta sejauh mana pengaruh hubungan yang terjadi antara respon siswa terhadap penanaman nilai-nilai karakter dalam keluarga dengan akhlak mereka (siswa) sehari-hari di sekolah. Sekaligus menguji kebenaran teori yang mengatakan bahwa terdapat hubungan antara respon siswa terhadap penanaman nilai-nilai karakter dalam keluarga dengan akhlak mereka sehari-hari di sekolah. Penelitian ini berdasar kepada kerangka pemikiran bahwa penanaman nilai-nilai karakter dalam keluarga nyatanya menuntut siswa untuk memiliki akhlak yang baik sebagai implementasi dari apa yang diajarkan orangtua. Oleh karena itu semakin baik respon siswa terhadap penanaman nilai-nilai karakter dalam keluarga, maka semakin baik pula akhlak mereka (siswa) sehari-hari di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif-analitis, dalam hal ini penulis memaparkan seluruh hasil penelitian sebagai bentuk pemecahan terhadap permasalah yang sedang diteliti. Adapun data yang sifatnya deskripsi akan bersumber pada hasil observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Sedangkan data yang bersifat kuantitatif akan dianalisis secara statistik. Landasan teori yang dijadikan rujukan dalam penelitian ini salah satunya mengacu kepada teori behaviorisme dari Watson yang mendasarkan proses pembelajaran pada hubungan stimulus-respon. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh sebuah kesimpulan bahwa hasil penelitian mengatakan bahwa t hitung > dari t tabel yang menunjukkan bahwa akhlak siswa sehari-hari di sekolah dipengaruhi oleh respon siswa terhadap penanaman nilai-nilai karakter dalam keluarga. Artinya variabel Y dipengaruhi oleh variabel X yang sekaligus mempertegas bahwa (Ho) ditolak sedangkan (Ha) diterima, dengan besaran pengaruh sebesar 49% yang menandakan bahwa terdapat 51% yang menjadi faktor lain dalam pembentukan akhlak siswa sehari-hari di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akhlak; Karakter; Respon;
Subjects: Islam
Islam > Specific Moral Issues
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: alfan azkia azkia
Date Deposited: 26 Jul 2019 08:06
Last Modified: 26 Jul 2019 08:06
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22285

Actions (login required)

View Item View Item