Perubahan sosial ekonomi masyarakat pedesaan dalam peralihan mata pencaharian sebagai petani menjadi pembuat batu bata: Studi kasus di Desa Sindanggalih Kec. Karangpawitan Kab. Garut

Saleh, Abdul Rahman (2016) Perubahan sosial ekonomi masyarakat pedesaan dalam peralihan mata pencaharian sebagai petani menjadi pembuat batu bata: Studi kasus di Desa Sindanggalih Kec. Karangpawitan Kab. Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAKmm.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_ DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)

Abstract

Perubahan sosial yang nyata terlihat akibat pertumbuhan kawasan industri adalah terjadinya perubahan struktur masyarakat agraris menjadi masyarakat industri. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masyarakat desa yang beralih ke profesi dari petani ke lain yaitu ke pembuat batu bata, dikarenakan penghasilan dari pertanian kurang mencukupi. Tujuan penelitian ini tentu untuk mengetahui secara detail apa-apa yang menjadi fokus penelitian dari kondisi sosial ekonomi masyarakat sebelum adanya pembuat batu bata di Desa Sindanggalih Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut, untuk mengetahui Faktor yang mempengaruhi masyarakat petani menjadi pembuat batu bata, untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari industri batu bata. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tindakan sosial milik Max Weber yaitu tindakan rasional instumental seperti masyarakat desa Sindanggalih dalam memenuhi kebuhan hidupnya dengan bertani tetapi belum cukup untuk memenuhi kebutuhan perekonomianya kemudian ada pekerjaan baru yang dapat menunjang perekonomian masyarakat yaitu industri batu bata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu mendeskripsikan peralihan mata pencahatian petani menjadi pembuat batu bata. Penelitian ini lebih menitik beratkan pada pemberian gambaran mengenai gejala-gejala yang terjadi di masyarakat yang paling aktual atau suatu penelitian yang menggambarkan keadaan yang sedang berlangsung di masyarakat. Langkah-langkah penelitiannya adalah menentukan metode, jenis data, sumber data, sedangaka teknik pengumpulan data dengan, observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini meperlihatkan bahwa masyarakat Desa Sindanggalih Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut menunjukan tingkat kehidupan sosial ekonomi yang semula masyarakatnya bertumpu pada bidang pertanian kemudian beralih kepembuat batu bata, hasil penelitian menunjukan sejak adanya mata pencaharian baru yaitu batu bata maka kondisi sosial ekonomi masyarakat mengalami peningkatan karena masyarakat memiliki mata pencaharian baru dan mendapatkan upah setiap minggunya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari; perubahan sosial ekonomi masyarakat desa Sindanggalih ke industri batu bata dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: keinginan meningkatkan pendapatan keluarga, keterbatasan modal, ketersediaan bahan baku, lapangan pekerjaan; dampak yang dihasilkan dari industri batu bata diantaranya sebagai berikut: polusi udara suhu udara meningkat, dan berubahnya kontur tanah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Agraris; Industri; Sosial; Ekonomi; Aktual;
Subjects: Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 26 Jul 2019 03:44
Last Modified: 26 Jul 2019 03:44
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22305

Actions (login required)

View Item View Item