Pengaruh total modal dan penjualan bersih terhadap laba bersih pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi kasus di PT. Indo Acidatama Tbk. Periode 2011-2018

Nudin, Parhan (2019) Pengaruh total modal dan penjualan bersih terhadap laba bersih pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi kasus di PT. Indo Acidatama Tbk. Periode 2011-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy

Abstract

Laba merupakan tujuan utama dari suatu perusahaan didirikan. Indikator terbaik untuk melihat pertumbuhan suatu perusahaan adalah laba. Laba Bersih mengukur nilai yang dapat diberikan oleh entitas kepada investor dan menunjukan bagian laba yang akan ditahan di dalam perusahaan dan yang akan dibagikan sebagai deviden. Ekuitas sebagai bagian hak pemilik dalam perusahaan harus dilaporkan sedemikian rupa sehingga memberikan informasi mengenai sumbernya secara jelas. Total Modal pada perusahaan sangatlah berpengaruh penting, karena modal merupakan penunjang kegiatan operasional dari perusahaan. Sedangkan Penjualan Bersih adalah pendapatan dari total seluruh penjualan dikurangi dengan retur penjualan dan pengurangan-pengurangan harga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh Total Modal secara parsial terhadap Laba Bersih; 2) Pengaruh Penjualan Bersih secara parsial terhadap Laba Bersih; 3) Pengaruh Total Modal dan Penjualan Bersih secara simultan terhadap Laba Bersih pada PT. Indo Acidatam Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif yang meliputi analisis regresi linier sederhana dan berganda, analisis korelasi sederhana dan berganda, analisis koefisien determinasi dan berganda, analisis uji hipotesis uji t dan uji f. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS for windows version 25. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan PT. Indo Acidatama Tbk. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memyimpulkan bahwa: 1) Total Modal di PT. Indo Acidatama Tbk secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Laba Bersih dengan nilai koefisien determinasi sebesar 17,4%, selain itu hasil pengujian hipotesis menunjukan thitung < ttabel dengan nilai 1,123 ≤ 2.447 maka H0 diterima dan Ha ditolak. 2) Penjualan Bersih di PT. Indo Acidatama Tbk secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Laba Bersih dengan koefisien determinasi sebesar 17,6%, selain itu hasil pengujian hipotesis menunjukan nilai nilai thitung < ttabel dengan nilai 1,134 < 2.447 maka H0 diterima dan Ha ditolak. 3) Secara simultan, Total Modal dan Penjualan Bersih di PT. Indo Acidatama Tbk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Laba Bersih dengan nilai koefisien determinasi sebesar 18,4%. selain itu hasil pengujian hipotesis menunjukan nilai Fhitung < Ftabel dengan hasil 0,563 < 5,79. maka H0 diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: total modal; penjualan bersih; laba bersih; Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI);
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Auditing
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: parhan nudin kartiwan
Date Deposited: 30 Jul 2019 03:47
Last Modified: 09 Aug 2019 06:56
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22318

Actions (login required)

View Item View Item