Perbandingan hasil belajar siswa yang mengikuti pendidikan Madrasah Diniyah dan siswa yang tidak mengikuti pendidikan Madrasah Diniyah pada mata pelajaran PAI: Penelitian di kelas IV SDN Bungurjaya 2 Cianjur

Amalia, Reka (2019) Perbandingan hasil belajar siswa yang mengikuti pendidikan Madrasah Diniyah dan siswa yang tidak mengikuti pendidikan Madrasah Diniyah pada mata pelajaran PAI: Penelitian di kelas IV SDN Bungurjaya 2 Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover(1).pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (713kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada adanya masalah bahwa berdasarkan studi pendahuluan di SDN Bungurjaya 2 Cianjur, diperoleh informasi bahwa tidak semua siswa yang mengikuti Madrasah Diniyah memiliki hasil belajar PAI yang baik, masih ada sebagian siswa yang memperoleh hasil belajar PAI yang kurang. Sebaliknya siswa yang tidak mengikuti Madrasah Diniyah memiliki hasil belajar PAI yang baik. Dari fenomena tersebut penulis tertrik untuk melakukan penelitian apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang mengikuti Madrasah Diniyah dengan yang tidak mengikuti Madrasah Diniyah pada mata pelajaran PAI. Tujuan penelitian ini untuk mengatahui: 1) Hasil belajar PAI siswa yang mengikuti Madrasah Diniyah pada kelas IV SDN Bungurjaya 2, 2) Hasil belajar PAI siswa yang tidak mengikuti Madrasah Diniyah pada kelas IV SDN Bungurjaya 2, 3) Perbadingan hasil belajar antara siswa yang mengikuti Madrasah Diniyah dengan sisiwa yang tidak mengikuti pendidikan Madrasah Diniyah pada mata pelajaran PAI yang dilakukan terhadap kelas IV SDN Bungurjaya 2 Cianjur. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya kegiatan yang dilakukan di luar sekolah termasuk Madrasah Diniyah. Berdasarkan hal tersebut maka diajukan hipotesis bahwa hasil belajar siswa yang mengikuti Madrasah Diniyah lebih tinggi dari pada siswa yang tidak mengikuti Madrasah Diniyah. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan wawancara dengan menggunakan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa, 1) Hasil belajar PAI siswa SDN Bungurjaya 2 yang mengikuti Madrasah Diniyah rata-rata-nya adalah 70,09. Angka ini berada pada interval 70 – 79 yang berkategori baik. 2) Hasil belajar PAI siswa yang tidak mengikuti Madrasah Diniyah rata-rata-nya adalah 61,46. Angka ini berada pada interval 60 – 69 yang berkategori cukup. 3)Perbandingan hasil belajar siswa yang mengikuti Madrasah Diniyah dan yang tidak mengikuti Madrasah Diniyah dilihat dari pengujian hipotesis diketahui t hitung (3,5) > t tabel (2,02). Hal ini berarti bahwa pada taraf signifikansi 5% (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang mengikuti pendidikan Madrasah Diniyah dengan siswa yang tidak mengikuti pendidikan Madrasah Diniyah pada mata pelajaran PAI. Dimana hasil belajar siswa yang mengikuti pendidikan Madrasah Diniyah lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang tidak mengikuti pendidikan Madrasah Diniyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perbandingan; Hasil Belajar; Madrasah Diniyah
Subjects: Adult Education
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Reka Amalia Setiana
Date Deposited: 29 Jul 2019 03:39
Last Modified: 29 Jul 2019 03:39
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22336

Actions (login required)

View Item View Item