Penerapan pendekatan Saintifik pada mata pelajaran PAI untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi Minuman Keras: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bojongsoang Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung

Abdulrohman, Rizki Subhan (2018) Penerapan pendekatan Saintifik pada mata pelajaran PAI untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi Minuman Keras: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bojongsoang Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan dalam proses pembelajaran PAI Kelas VIII-H SMPN 2 Bojongsoang Kabupaten Bandung bahwa pemahaman siswa cenderung rendah. Dimana siswa hanya bisa pada dua indikator pemahaman yaitu mengklasifikasikan dan merangkum. Akan tetapi pada indikator tersebut juga belum begitu tercapai dengan maksimal. Hal ini juga sesuai dengan hasil penuturan guru yang menyebutkan bahwa siswa pada kelas tersebut masih sangat kurang terhadap pemahaman dan juga membutuhkan banyak bimbingan. Dan dalam hal mengomunikasikan, siswa yang dipilih guru hanyalah siswa yang itu-itu saja. Dalam hal ini siswa yang pintar saja. Sehingga tidak memberikan kesempatan bagi siswa yang lain untuk mengomunikasikan hasil yang telah mereka peroleh. Berdasarkan observasi di atas adalah maka aspek pendekatan yang akan ditingkatkan adalah aspek pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pemahaman peserta didik sebelum menerapkan pendekatan saintifik, gambaran proses penerapan pendekatan saintifik, dan hasil sesudah diterapkannya pendekatan saintifik di setiap siklusnya. Penelitian ini didasarkan atas asumsi bahwa pendekatan saintifik dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Hipotesis yang diajukan adalah pendekaan saintifik pada mata pelajaran PAI materi tentang minnuman keras di kelas VIII-H SMPN 2 Bojongsoang dapat meningkatkan Pemahaman peserta didik. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrumen lembar soal dan observasi pemahaman. Subjek penelitiannya yaitu peserta didik kelas Kelas VIII-H SMPN 2 Bojongsoang Kabupaten Bandung yang berjumlah 26 peserta didik, terdiri dari 14 orang peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Penerapan Pendekatan Saintifik pada mata pelajaran PAI materi Minuman Keras di kelas VIII H SMPN 2 Bojongsoang pada setiap siklus mengalami peningkatan sebagaimana ditunjukan oleh instrumen observasi penerapan pembelajaran Berdasarkan hasil aktivitas belajar peserta didik setelah menggunakan pendekatan saintifik, diperoleh rata-rata pemahaman peserta didik pada pra siklus sebesar 38,8% dengan kategori Kurang Baik. Adapun presentase rata-rata pemahaman peserta didik pada siklus I sebesar 65,3% dengan kategori Baik dan siklus II rata-rata pemahaman peserta didik sebesar 100% dengan kategori Sangat Baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: penelitian tindakan kelas; pendekatan saintifik; pemahman;
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rizki subhan abdulrohman
Date Deposited: 29 Jul 2019 07:12
Last Modified: 29 Jul 2019 07:12
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22342

Actions (login required)

View Item View Item