Perilaku konsumtif remaja Fanbase Tsuko48 terhadap Idol Group JKT48 Kabupaten Subang

Nur Adlan, Muhammad (2018) Perilaku konsumtif remaja Fanbase Tsuko48 terhadap Idol Group JKT48 Kabupaten Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover(1).pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy

Abstract

Komunitas fanbase Tsuko48 merupakan sebuah komunitas remaja yang mengagumi idol group JKT48, yang berada dikabupaten Subang. Komunitas Fanbase Tsuko48 ini terbentuk dikarenakan mempunyai hobi yang sama seperti, membeli merchaindaise JKT48, menonton konser JKT48, mengikuti event-event yang diadakan idol group JKT48 dan juga pergi menonton teater idol group JKT48. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perilaku konsumtif remaja yang ada didalam komunitas fanbase Tsuko48 karena kegiatan dan hobi para remaja di komunitas fanbase Tsuko48 dapat dikategorikan sebagai perilaku konsumtif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab remaja di komunitas fanbase Tsuko48 tertarik kepada idol group JKT48, mengetahui pentingnya idol group JKT48 bagi remaja dikomunitas fanbase Tsuko48 dan mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan perilaku konsumtif remaja di komunitas fanbase Tsuko48 Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori paradigma perilaku sosial B.F Skinner membahas tentang perilaku atau tindakan individu yang ditentukan oleh stimulus dari luar dirinya dan pilihan rasional yang diungkapkan James S.Coleman dalam membahas tentang pilihan-pilihan individu untuk mencapai tujuannya berdasarkan nilai dan pilihan. Dalam hal ini tindakan remaja komunitas fanbase Tsuko48 dipengaruhi oleh sesuatu dari luar dirinya, dan juga dalam pilihan rasioanalnya, mereka menempatkan idol group JKT48 sebagai sarana kebutuhan tambahan hiburan mereka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu suatu proses menentukan pengetahuan yang menggunakan data berupa kata-kata atau tulisan juga penggambaran dari perilaku yang dapat diamati. Hasil dan Analisa dari penelitian ini, menunjukan bahwa penyebab ketertarikan remaja komunitas fanbase Tsuko48 terhadap idol group JKT48 juga sangat beragam, ada yang tertarik kepada musiknya, membernya yang berparas cantik, event-event yang disajikan, performa yang ditampilkan diatas panggung, dan tertarik karena penggemar JKT48 begitu banyak. Bagi mereka keberadaan idol group JKT48 sangat penting untuk remaja anggota komunitas fanbase Tsuko48 dan menjadi sebuah gaya hidup mereka dalam memuaskan kebutuhan hiburan mereka. Hal yang mendasar yang mengakibatkan para remaja fanbase Tsuko48 berperilaku konsumtif adalah gaya hidup mereka dan fanatisme mereka, yang membuat kebutuhan hiburan mereka harus terpenuhi, dipengaruhi oleh faktor internal dan external.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: skripsi;komunitas;JKT48;Tsuko48;Kabupaten Subang;Jakarta;Subang;Remaja;Konsumtif;Perilaku;Interaksi
Subjects: Causation
Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Muhammad nur Adlan
Date Deposited: 30 Jul 2019 01:27
Last Modified: 30 Jul 2019 01:27
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22345

Actions (login required)

View Item View Item