Hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi Kognitif dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam: Penelitian kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 2 Padalarang Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat

Auliani, Nurul (2019) Hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi Kognitif dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam: Penelitian kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 2 Padalarang Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan terhadap peserta didik SMA Negeri 2 Padalarang mengenai pola asuh orang tua dan nilai PAS mereka. Di satu sisi, hampir seluruh peserta didik tinggal dengan orang tua, dan sebagian kecil peserta didik tinggal dengan kakek dan neneknya. Di lain sisi hampir seluruh nilai PAS peserta didik dibawah rata-rata. Timbul persoalan: mengapa ini terjadi? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) realitas pola asuh orang tua terhadap peserta didik kelas XI Mipa 2 dirumah, (2) prestasi kognitif mata pelajaran PAI peserta didik kelas XI Mipa 2 disekolah, (3) hubungan pola asuh orang tua terhadap anak dengan prestasi kognitif mata pelajaran PAI peserta didik kelas XI Mipa 2. Penelitian ini mengacu pada kerangka pemikiran bahwa salah satu indikator utama untuk mengukur prestasi kognitif mata pelajaran PAI adalah kemampuan mengingat, kemampuan berpikir atau memahami, kemampuan penerapan, dan kemampuan menganalisis suatu informasi. Sedangkan faktor yang mempengaruhi prestasi kognitif salah satunya adalah pola asuh orang tua yang memiliki indikator menentukan peraturan dan disiplin dengan memperhatikan dan mempertimbangkan alasan-alasan yang dapat diterima, dipahami, dimengerti oleh anak, memberikan pengarahan tentang perbuatan baik yang perlu dipertahankan dan yang tidak baik agar ditinggalkan, memberikan bimbingan dengan penuh perhatian, dan menciptakan keharmonisan dan suasana komunikatif dalam keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif, yang digunakan untuk menganalisis fenomena empirik yang terjadi pada masa sekarang dengan cara menuliskan hasil penelitian apa adanya. Populasinya sebanyak 36 responden yakni peserta didik SMA Negeri 2 Padalarang. Alat pengumpul datanya berupa observasi, wawancara, angket, dan tes. Proses analisisnya menggunakan pendekatan statistik. Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) Pola asuh orang tua termasuk kategori baik dengan rata-rata 3,79 yang berada pada interval 3,5 – 4,5. (2) Prestasi kognitif peserta didik pada mata pelajaran PAI termasuk dalam kategori sedang berdasarkan rata-rata 60,41 yang berada pada interval 60 – 69, dan (3) korelasi antara 2 variabel adalah (a) koefisien korelasinya berada pada kategori cukup, berdasarkan skor yang diperoleh 0,408 berada pada interval 0,400 – 0,599, berarti angka tersebut termasuk kedalam kualifikasi cukup berpengaruh; (b) hasil analisis penelitian sesuai dengan hipotesis yang diajukan yakni keberadaan prestasi kognitif PAI ada hubungan dengan pola asuh orang tua, semakin baik pola asuh orang tua terhadap anak, maka prestasi kognitif PAI semakin baik. (c) derajat pengaruh variabel X dengan variabel Y sebesar 17% sedangkan ada faktor lain yang berpengaruh sebesar 83%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua; Prestasi Kognitif; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Islam
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: student Nurul Auliani
Date Deposited: 31 Jul 2019 06:36
Last Modified: 31 Jul 2019 06:36
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22352

Actions (login required)

View Item View Item