Hukum investasi harta Wakaf produktif menurut undang-undang nomor 41 tahun 2004 tentang Wakaf: Studi program Rumah Bersalin cuma-cuma Sinergi Foundation Kota Bandung

Ruchyadi, Ahmad Zein (2017) Hukum investasi harta Wakaf produktif menurut undang-undang nomor 41 tahun 2004 tentang Wakaf: Studi program Rumah Bersalin cuma-cuma Sinergi Foundation Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_'ABSTRAK.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)

Abstract

Wakaf adalah perbuatan hukum seseorang atau kelompok orang atau badan hukum yang memisahkan sebagian dari benda miliknya guna kepentingan ibadat atau keperluan umum lainnya sesuai dengan ajaran Islam. Pasal 42 Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf menyebutkan bahwa Nazhir wajib mengelola dan mengembangkan harta benda wakaf sesuai dengan tujuan, fungsi, dan peruntukannya. Sinergi Foundation sebagai pengelola melakukan pengembangan harta wakaf melalui investasi modal pada beberapa lembaga yang ditentukan dengan tujuan memproduktifkan harta wakaf yang kemudian didayagunakan melalui program Rumah Bersalin Cuma-Cuma, selanjutnya bagaimana hukum investasi harta wakaf tersebut menurut pendekatan hukum wakaf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Strategi pengembangan wakaf produktif Sinergi Foundation Kota Bandung; 2) Problematika dan Kontribusi wakaf produkif melalui program rumah bersalin cuma-cuma. 3) Pendekatan Hukum Wakaf Terhadap Investasi Harta Wakaf Produktif di Sinergi Foundation Kota Bandung. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini bertititk tolak pada perkembangan peraturan perundang-undangan yang dimulai sejak diundangkannya UU Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok Agraria dan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1977 tentang Perwakafan Tanah Milik hingga lahirnya UU Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf, dimana pembaruan terus dilakukan seperti sertifikasi tanah wakaf, pertukaran benda wakaf, pola seleksi untuk pertimbangan manfaat, sistem ikrar, perluasan benda yang diwakafkan, persyaratan nazhir dan pemberdayaan, pengembangan serta pembinaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu memecahkan masalah dengan mamaparkan atau menggambarkan apa adanya hasil penelitian yang berkaitan dengan pengelolaan wakaf dan manfaat harta wakaf. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tiga langkah, yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil temuan data dilapangan dapat disimpulkan, 1) Strategi Pengelolaan dana di Sinergi Foundation dinyatakan sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan mengalami perkembangan yang sangat baik, 2) Problematika pentingnya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dalam menjalankan peran nazhir yaitu mengelola dan mengembangkan harta wakaf masih terjadi saat ini, namun sebuah prestasi kontribusi nyata dari Program Rumah Bersalin Cuma-Cuma sejak berdirinya 2004 hingga Januari 2017 yaitu telah memfasilitasi 149.687 layanan kesehatan ibu dan anak dari kalangan dhuafa, 3) Investasi harta wakaf produktif yang dilakukan oleh Sinergi Foundation dinyatakan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku karena dalam pelaksanaannya terbukti menggunakan prinsip-prinsip syari’ah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Wakaf produktif; Hukum; Investasi;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Financial Economics, Finance > Investment
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Prgram Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 31 Jul 2019 06:30
Last Modified: 31 Jul 2019 06:30
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22357

Actions (login required)

View Item View Item