Manajemen pembelajaran berbasis proyek untuk melek Literasi: Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Islam Cendekia Muda Bandung

Wahyuni, Santi (2019) Manajemen pembelajaran berbasis proyek untuk melek Literasi: Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Islam Cendekia Muda Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek (PBP) merupakan salah satu model pembelajaran untuk menciptakan peserta didik yang melek literasi, dianggap relevan dengan pendidikan abad 21 (abad pengetahuan) dan era revolusi indutri 4.0. Sumber Daya Manusia yang diproses dengan model PBP dapat mengoptimalkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap, sehingga tidak hanya menjadi manusia yang konsumtif, namun mampu menjadi ahli dan profesional dalam beragam bidang sesuai dengan potensi, minat, dan bakatnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui latar alamiah, manajemen pembelajaran berbasis proyek, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran berbasis proyek, kemudian hasil yang dicapai pembelajaran berbasis proyek untuk melek literasi di Sekolah Menengah Pertama Islam Cendekia Muda Bandung. Teori penelitian ini berdasarkan teori Manajemen Pembelajaran Berbasis Proyek, yang diklasifikasikan melalui enam fungsi manajemen, yaitu; 1) Perencanaan pembelajaran berbasis proyek; 2) Pengorganisasian pembelajaran berbasis proyek; 3) Pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek; 4) Penilaian pembelajaran berbasis proyek; 5) Pengawasan pembelajaran berbasis proyek; 6) Evaluasi pembelajaran berbasis proyek. Semuanya di implementasikan kepada peserta didik sekolah menengah pertama secara efektif dan efisien. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif. Metode kualitatif merupakan bentuk pendeskripsian atau penafsiran berdasarkan pengumpulan seluruh data yang didapatkan melalui kata-kata atau gambar dan bukan angka-angka dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil dari manajemen PBP untuk menjadikan peserta didik melek literasi, terdapat efektivitas mulai dari pengamatan sampai tahap persentasi merupakan kegiatan dari melek literasi yang berhasil dicapai dengan baik. Efisiensi dalam segi waktu, peserta didik dalam waktu bersamaaan dapat menggunakan beragam media dan bahan ajar penyampaian informasi, sedangkan secara materil tempat untuk mendapat informasi gratis, dan pembuatan proyek menggunakan barang-barang bekas. Adapun faktor pendukungnya, sumber daya manusia di sekolah yang memumpuni untuk melakukan inovasi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik saat ini. Sedangkan hambatannya adalah kurangnya manajemen waktu dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek, sehingga tidak dapat berjalan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pembelajaran berbasis proyek;Melek literasi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Santi Wahyuni
Date Deposited: 31 Jul 2019 06:41
Last Modified: 31 Jul 2019 06:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22358

Actions (login required)

View Item View Item